kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
SEHAT /

Manfaat Jus Alpukat Untuk Menjaga Berat Badan Ideal, Catat 6 Khasiat Ini


Jumat, 24 Mei 2024 / 13:47 WIB
Manfaat Jus Alpukat Untuk Menjaga Berat Badan Ideal, Catat 6 Khasiat Ini
ILUSTRASI. Jus Alpukat

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat jus alpukat untuk menjaga berat badan ideal adalah salah satu khasiat yang cukup menarik perhatian. Tak hanya itu, banyak manfaat jus alpukat lainnya juga bisa didapatkan.

Alpukat, buah yang kaya akan lemak sehat dan nutrisi, telah menjadi bahan makanan yang populer di berbagai hidangan. 

Salah satu cara terbaik untuk menikmati manfaat kesehatan alpukat adalah melalui jus alpukat. Jus alpukat tidak hanya lezat, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat positif bagi kesehatan tubuh. 

Baca Juga: Manfaat Bunga Mawar untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Ada 6 Khasiat

Merangkum dari PharmEasy, ini manfaat jus alpukat bagi kesehatan:

1. Kaya akan Nutrisi Essensial

Alpukat mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin K, vitamin E, vitamin B-6, folat, dan potassium. Jus alpukat adalah cara yang efisien untuk memasukkan berbagai nutrisi ini ke dalam diet harian Anda, membantu memastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk fungsi yang optimal.

Baca Juga: 6 Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi, Mulai Dari Diet Sehat Hingga Olahraga

2. Menyehatkan Jantung

Alpukat mengandung lemak sehat, terutama asam lemak omega-3 dan omega-6. Kandungan lemak tak jenuh ganda ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), yang pada gilirannya dapat mendukung kesehatan jantung. Konsumsi jus alpukat secara teratur dapat membantu menjaga keseimbangan lemak dalam tubuh.

3. Mendukung Pencernaan yang Sehat

Alpukat mengandung serat makanan, yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, menjaga kesehatan usus, dan mengatur gula darah. Dengan memasukkan jus alpukat ke dalam diet, Anda dapat meningkatkan asupan serat Anda, membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi risiko masalah pencernaan.

Baca Juga: Memasuki Libur Panjang, Ini 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung yang Menarik

4. Menjaga Kesehatan Mata

Alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin, dua senyawa antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Senyawa ini dapat melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV dan membantu mengurangi risiko penyakit mata terkait usia, seperti degenerasi makula.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Berbagai nutrisi dan senyawa antioksidan dalam alpukat telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Mengonsumsi jus alpukat secara teratur dapat menjadi langkah yang positif untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi risiko penyakit-penyakit tersebut.

Baca Juga: Cuaca Tidak Tentu, Kenali 8 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

6. Menjaga Berat Badan Ideal

Meskipun alpukat mengandung lemak, lemak tersebut sebagian besar adalah lemak tak jenuh ganda yang sehat. Kandungan serat dalam jus alpukat juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu mengurangi keinginan untuk ngemil atau mengonsumsi makanan berkalori tinggi, dan mendukung pemeliharaan berat badan yang sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

×