kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
SEHAT /

Cuaca Tidak Tentu, Kenali 8 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan


Kamis, 23 Mei 2024 / 14:26 WIB
Cuaca Tidak Tentu, Kenali 8 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan
ILUSTRASI. Warga melintas di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Kamis (11/1/2024). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, sebagian besar wilayah akan mengalami puncak musim hujan pada bulan Januari dan Februari 2024, yaitu sebanyak 385 Zona Musim (ZOM) atau sekitar 55 persen wilayah. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Mengenali tips menjaga kesehatan di musim hujan adalah salah satu hal yang penting diketahui di tengah cuaca yang susah diprediksi. Apalagi, saat musim hujan tubuh berisiko terjangkit penyakit.

Musim hujan seringkali disertai dengan perubahan cuaca dan peningkatan kelembaban, yang dapat memengaruhi kesehatan kita. 

Beberapa penyakit infeksi dan kondisi lainnya cenderung meningkat selama musim hujan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk meningkatkan upaya menjaga kesehatan. 

Baca Juga: Mau Liburan?, Kenali Obat Mabuk Perjalanan di Kendaran, Gejala dan Penyebab Pusing

Merangkum dari PharmEasy, berikut beberapa tips menjaga kesehatan di musim hujan yang wajib diketahui:

1. Kenakan Pakaian yang Tepat

Musim hujan seringkali disertai dengan udara yang lebih dingin. Pastikan untuk selalu mengenakan pakaian yang tepat, seperti jaket, payung, dan sepatu yang tahan air. Ini akan membantu menjaga suhu tubuh dan mencegah terkena basah yang dapat memicu penyakit.

2. Mencuci Tangan Secara Rutin

Penyakit menular sering kali menyebar melalui kontak fisik. Mencuci tangan secara rutin dengan sabun dan air adalah langkah sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran kuman dan virus. Selalu cuci tangan setelah berada di luar ruangan atau setelah kontak dengan permukaan yang mungkin terkontaminasi.

Baca Juga: Manfaat Labu Siam untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung, Cek 7 Khasiat Ini

3. Konsumsi Makanan Bergizi

Meningkatkan daya tahan tubuh sangat penting di musim hujan. Konsumsilah makanan yang kaya akan nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, dan protein. Hindari makanan cepat saji yang dapat menurunkan daya tahan tubuh Anda.

4. Hindari Tempat yang Terlalu Ramai

Kerumunan orang dapat menjadi tempat penyebaran penyakit yang potensial. Hindarilah tempat-tempat yang terlalu ramai, terutama jika Anda merasa tidak sehat atau jika sedang musim penyakit menular.

5. Perbanyak Konsumsi Cairan

Hujan seringkali diiringi oleh suhu yang lebih rendah. Pastikan untuk tetap terhidrasi dengan baik dengan memperbanyak konsumsi air. Minumlah air putih, teh hangat, atau sup kaldu untuk menjaga kelembapan tubuh.

Baca Juga: 5 Motor Listrik Murah Tahun 2024, Mau Beli?

6. Rajin Berolahraga

Olahraga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meskipun cuaca tidak selalu mendukung aktivitas di luar ruangan, Anda masih dapat melakukan olahraga ringan di dalam rumah, seperti yoga atau latihan kekuatan.

7. Jaga Kebersihan Lingkungan

Pastikan lingkungan di sekitar Anda tetap bersih dan kering. Hindari genangan air yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk dan kuman penyakit lainnya. Bersihkan rumah secara rutin dan pastikan saluran air terbebas dari penyumbatan.

Baca Juga: Manfaat Rumput Laut Untuk Meningkatkan Kesehatan Mata, Cek 7 Khasiat Ini

8. Perhatikan Gejala Penyakit

Jika Anda merasa tidak sehat atau mengalami gejala penyakit seperti demam, batuk, atau pilek, segera konsultasikan dengan profesional kesehatan. Tindakan dini dapat mencegah penyebaran penyakit dan mempercepat proses penyembuhan.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, Anda dapat menjaga kesehatan Anda dengan baik selama musim hujan. Tetap waspada dan terapkan gaya hidup sehat untuk mengurangi risiko terkena penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

×