kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
SEHAT /

Manfaat Bunga Mawar untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Ada 6 Khasiat


Jumat, 24 Mei 2024 / 08:57 WIB
Manfaat Bunga Mawar untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Ada 6 Khasiat
ILUSTRASI. Bunga mawar

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat bunga mawar untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah salah satu khasiat yang menarik diketahui. Tak hanya itu, banyak manfaat dan khasiat bunga mawar lain juga bisa didapatkan.

Bunga mawar, dengan keindahan dan keharumannya, tidak hanya menjadi simbol romantis dan keindahan semata. 

Ternyata, bunga mawar juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Baca Juga: Mau Liburan?, Kenali Obat Mabuk Perjalanan di Kendaran, Gejala dan Penyebab Pusing

Merangkum dari WebMD, ini manfaat bunga mawar bagi kesehatan:

1. Antioksidan untuk Kesehatan Kulit

Bunga mawar mengandung senyawa antioksidan yang kuat, seperti flavonoid dan vitamin C. Antioksidan ini berperan dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh, termasuk sel-sel kulit. Dengan mengonsumsi bunga mawar atau menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak mawar, Anda dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan faktor lingkungan lainnya.

2. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Aroma harum bunga mawar telah lama dikenal memiliki efek menenangkan pada sistem saraf. Baunya dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan, serta meningkatkan mood secara keseluruhan. Minyak esensial mawar sering digunakan dalam terapi aromaterapi untuk menciptakan suasana yang tenang dan relaks.

Baca Juga: Manfaat Labu Siam untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung, Cek 7 Khasiat Ini

3. Antiinflamasi Alami

Beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak bunga mawar memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini bisa bermanfaat bagi mereka yang mengalami masalah peradangan kronis atau penyakit inflamasi seperti arthritis.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Aroma bunga mawar juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Bau yang menenangkan dapat menciptakan lingkungan tidur yang lebih nyaman dan membantu mengurangi insomnia atau kesulitan tidur.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A dan C dalam bunga mawar dapat berkontribusi pada kesehatan mata. Vitamin A dikenal sebagai nutrisi penting untuk penglihatan, sementara vitamin C berperan dalam menjaga kesehatan mata secara umum.

Baca Juga: 5 Motor Listrik Murah Tahun 2024, Mau Beli?

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam bunga mawar tidak hanya baik untuk kulit, tetapi juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C berperan penting dalam produksi sel darah putih dan antioksidan yang mendukung respons kekebalan tubuh terhadap infeksi.

Bunga mawar, selain menjadi simbol romantis, ternyata menyimpan sejumlah manfaat kesehatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan tubuh. Namun, sebaiknya konsultasikan penggunaan bunga mawar dengan profesional kesehatan terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau alergi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×