kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45867,50   5,83   0.68%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
SEHAT /

Manfaat Jintan Untuk Mengatasi Masalah Pernapasan, Catat 8 Khasiat Berikut


Jumat, 24 Mei 2024 / 13:47 WIB
Manfaat Jintan Untuk Mengatasi Masalah Pernapasan, Catat 8 Khasiat Berikut
ILUSTRASI. Jintan

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat jintan untuk mengatasi masalah pernapasan adalah salah satu khasiat yang penting diketahui. Tidak hanya itu, banyak manfaat dan khasiat jintan lainnya bisa didapatkan jika diolah dan dikonsumsi dengan benar.

Jintan, atau yang dikenal dengan nama ilmiah Cuminum cyminum, adalah rempah-rempah yang telah lama dikenal dan digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. 

Selain memberikan aroma yang khas dan rasa yang lezat pada hidangan, jintan juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: Manfaat Bunga Mawar untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Ada 6 Khasiat

Merangkum dari Healthline, ini manfaat jintan bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Jintan dikenal dapat merangsang produksi enzim pencernaan dan asam lambung, membantu proses pencernaan makanan. Ini dapat mengurangi gejala gangguan pencernaan seperti kembung, gas, dan perut kembung.

2. Menyediakan Antioksidan

Rempah-rempah ini mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid dan asam fenolat. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada berbagai penyakit.

Baca Juga: 6 Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi, Mulai Dari Diet Sehat Hingga Olahraga

3. Mengelola Berat Badan

Jintan dapat membantu mengelola berat badan karena dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jintan dapat membantu menurunkan berat badan dan lemak tubuh.

4. Mengatur Gula Darah

Studi juga menunjukkan bahwa jintan dapat membantu mengatur kadar gula darah, khususnya bermanfaat bagi penderita diabetes. Senyawa-senyawa dalam jintan dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi resistensi insulin.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan fitosterol dalam jintan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat), sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, jintan juga dapat membantu mengatur tekanan darah.

Baca Juga: Memasuki Libur Panjang, Ini 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung yang Menarik

6. Anti-inflamasi

Jintan memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kronis seperti arthritis dan penyakit inflamasi lainnya.

7. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan dalam jintan dapat membantu melawan tanda penuaan dini dan meningkatkan kesehatan kulit. Dengan sifat anti-inflamasi, jintan juga dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan ruam.

Baca Juga: Cuaca Tidak Tentu, Kenali 8 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

8. Mengatasi Masalah Pernapasan

Jintan telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meredakan masalah pernapasan seperti batuk dan pilek. Kandungan anti-inflamasi dan antimikroba dapat membantu meredakan gejala.

Jintan bukan hanya sekadar bumbu masakan, melainkan juga merupakan tambahan bernutrisi tinggi dengan sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum mengintegrasikan jintan atau suplemen jintan dalam diet Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

×