kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
SEHAT /

Apa Manfaat Bunga Lawang Bagi Kesehatan? Ada 8 Khasiat Penting


Jumat, 24 Mei 2024 / 13:47 WIB
Apa Manfaat Bunga Lawang Bagi Kesehatan? Ada 8 Khasiat Penting
ILUSTRASI. bunga lawang

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat bunga lawang bagi kesehatan bisa didapatkan jika diolah jika diolah dan dikonsumsi dengan benar. Tak heran, manfaat dan khasiat bunga lawang cukup menarik perhatian untuk diketahui.

Bunga lawang, atau yang juga dikenal sebagai bunga cengkeh atau clove, merupakan bunga yang dihasilkan oleh pohon cengkeh (Syzygium aromaticum). 

Selain digunakan sebagai rempah-rempah dalam dunia kuliner, bunga lawang juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Manfaat Bunga Mawar untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Ada 6 Khasiat

Merangkum dari PharmEasy, ini manfaat bunga lawang bagi kesehatan:

1. Antioksidan Tinggi

Bunga lawang mengandung senyawa antioksidan, seperti eugenol, yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh dan memicu berbagai penyakit, sehingga konsumsi bunga lawang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif.

2. Antiinflamasi

Eugenol, yang merupakan salah satu komponen utama dalam bunga lawang, memiliki sifat antiinflamasi. Hal ini dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan meredakan gejala kondisi inflamasi, seperti arthritis.

Baca Juga: 6 Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi, Mulai Dari Diet Sehat Hingga Olahraga

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Bunga lawang telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk masalah pencernaan. Eugenol membantu meredakan gangguan pencernaan, seperti perut kembung, mual, dan masalah lainnya. Ekstrak bunga lawang juga dapat merangsang produksi enzim pencernaan yang mendukung proses pencernaan.

4. Pengelolaan Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bunga lawang dapat membantu mengelola kadar gula darah. Senyawa-senyawa di dalamnya berpotensi meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur metabolisme glukosa, yang dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

5. Mengatasi Infeksi Bakteri dan Jamur

Bunga lawang memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi bakteri dan jamur. Eugenol dalam bunga lawang terbukti efektif melawan berbagai jenis mikroorganisme, sehingga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Cuaca Tidak Tentu, Kenali 8 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

6. Mengurangi Nyeri

Kandungan eugenol dalam bunga lawang juga memiliki sifat analgesik atau pengurang rasa nyeri. Oleh karena itu, bunga lawang dapat digunakan sebagai bantuan alami untuk meredakan nyeri, baik itu nyeri gigi atau nyeri akibat kondisi lain.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bunga lawang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Hal ini dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Manfaat Air Lemon Untuk Menurunkan Risiko Batu Ginjal, Catat 9 Khasiat Ini

8. Peningkatan Kesehatan Mulut

Kandungan antimikroba dalam bunga lawang membuatnya bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut. Penggunaan ekstrak atau minyak bunga lawang dapat membantu mengurangi risiko infeksi gigi dan masalah mulut lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

×