kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.444.000   1.000   0,07%
  • USD/IDR 15.340   65,00   0,42%
  • IDX 7.832   19,65   0,25%
  • KOMPAS100 1.193   8,54   0,72%
  • LQ45 967   7,57   0,79%
  • ISSI 228   1,17   0,52%
  • IDX30 493   4,42   0,90%
  • IDXHIDIV20 594   3,60   0,61%
  • IDX80 136   1,13   0,84%
  • IDXV30 139   0,76   0,55%
  • IDXQ30 165   1,38   0,84%
SEHAT /

15 Macam Makan yang Bisa Menurunkan Gula Darah Dengan Cepat


Rabu, 15 Mei 2024 / 10:05 WIB
15 Macam Makan yang Bisa Menurunkan Gula Darah Dengan Cepat
ILUSTRASI. Ilustrasi. Makanan yang bisa menurunkan kadar gula darah dengan cepat.

Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

MAKANAN UNTUK MENURUNKAN GULA DARAH DENGAN CEPAT - Makanan yang dikonsumsi bisa mempengaruhi kondisi kesehatan. Ini 15 macam makanan yang bisa menurunkan gula darah dengan cepat.

Makanan dan minuman ternyata dapat memengaruhi kadar gula darah.

Baca Juga: Kenali Tanda-Tanda Gula Darah Mulai Tinggi, Cek Sayuran Untuk Menurunkan Gula Darah

Lalu, makan apa biar gula darah cepat turun?

Ternyata, terdapat beberapa jenis makanan yang bisa menurunkan gula darah tinggi, seperti sayuran, kacang-kacangan, makanan yang difermentasi, dan buah-buahan.

Selain beberapa jenis makanan tersebut, Anda juga diimbau untuk membatasi jenis makan yang mengandung pemanis tambahan dan yang dibuat dengan cara diolah.

Untuk lebih jelasnya, ketahui gula darah tinggi sebaiknya makan apa berikut ini.

Makan apa biar gula darah cepat turun?

Beberapa jenis makanan ternyata bisa menurunkan kadar gula darah tinggi di dalam tubuh.

Disarikan dari Healthline dan Medical News Today, berikut adalah beberapa makanan untuk menurunkan gula darah tinggi yang perlu diketahui.

1. Brokoli

Sulforaphane adalah salah satu senyawa yang dimiliki oleh brokoli.

Senyawa ini sudah terbukti memiliki efek antidiabetes yang bisa meningkatkan sensitivitas insulin, dan menurunkan kadar gula darah serta stres oksidatif.

2. Makanan hasil laut

Makanan hasil laut, seperti ikan dan kerang, memiliki kandungan protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan, yang bisa menyeimbangkan kadar gula darah.

Selain memberikan rasa kenyang, kandungan protein pada makanan hasil laut juga akan memperlambat proses pencernaan dan mencegah kenaikan kadar gula darah setelah makan.

3. Labu

Labu memiliki kandungan karbohidrat tinggi yang disebut polisakarida.

Kandungan karbohidrat ini sudah terbukti dapat menurunkan kadar gula darah secara signifikan, meskipun penelitian lebih lanjut tetap diperlukan.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Biji-bijian dan kacang-kacangan memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah, seperti serat, karbohidrat kompleks, dan protein.

Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti kacang tanah dan kacang polong, dapat menurunkan kadar gula darah puasa dan mencegah kenaikan gula darah setelah makan.

5. Okra

Okra memiliki kandungan polisakarida dan flavonoid yang dapat menurunkan kadar gula di dalam darah.

Bahkan, okra kerap dijadikan obat alami untuk mengatasi diabetes karena kandungan yang dimilikinya tersebut.

6. Flaxseed

Flaxseed adalah biji-bijian yang kaya serat dan lemak sehat yang bisa menurunkan gula darah tinggi.

Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi flaxseed secara rutin sudah terbukti dapat menurunkan kadar HbA1c dan menyeimbangkan kadar gula darah dengan lebih baik.

7. Makanan fermentasi

Makanan yang difermentasi, seperti kimchi dan tempe, memiliki kandungan protein, mineral, dan antioksidan yang dapat menyeimbangkan kadar gula darah dan sensitivitas insulin.

Konsumsi makanan fermentasi memberikan manfaat yang lebih besar pada penderita diabetes yang tidak mengelola kondisinya dengan baik dan tidak menggunakan terapi insulin.

8. Chia seed

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi chia seed dapat mengurangi kadar gula darah tinggi dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Bahkan, penelitian yang melibatkan hewan menunjukkan bahwa chia seed memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko penyakit kronis, termasuk diabetes.

9. Kale

Kale memiliki banyak kandungan, termasuk serat dan flavonoid, yang berguna untuk menurunkan kadar gula darah.

Bahkan, mengonsumsi tujuh hingga 14 gram makanan yang mengandung kale sudah terbukti mengalami penurunan kadar gula darah setelah makan.

10. Buah beri

Buah beri, seperti stroberi dan blueberry, memiliki kandungan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan, yang dapat meningkatkan regulasi kadar gula darah.

Buah beri juga dapat menyeimbangkan kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu untuk mengurangi kelebihan glukosa di dalam darah.

11. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral, yang bisa membantu untuk mengelola kadar gula darah.

Beberapa penelitian juga sudah membuktikan bahwa alpukat dapat menurunkan kadar gula darah dan risiko penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi.

12. Buah sitrus

Meskipun memiliki kandungan gula alami, buah sitrus memiliki indeks glikemik sedang.

Konsumsi buah sitrus secara wajar sudah terbukti dapat meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan kadar HbA1c, dan melindungi dari diabetes.

13. Apel

Apel memiliki kandungan serat larut, quercetin, asam klorogenat, dan asam galat, yang dapat menurunkan gula darah serta melindungi dari diabetes.

Bahkan, makan satu buah apel 30 menit sebelum makan nasi sudah terbukti dapat mencegah kenaikan gula darah setelah makan.

14. Telur

Telur memiliki kandungan protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan, yang dapat meningkatkan regulasi gula darah.

Bahkan, konsumsi satu buah telur berukuran besar setiap hari sudah terbukti dapat mengalami penurunan kadar gula darah puasa dan sensitivitas insulin sebesar 4,4 persen.

15. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu bahan alami untuk mengatasi diabetes dan masalah kesehatan lainnya.

Pasalnya, bawang putih memiliki kandungan alami yang dapat menurunkan gula darah dengan meningkatkan sensitivitas dan sekresi insulin.

Memahami makan apa biar gula darah cepat turun sangatlah penting sehingga Anda bisa mulai memasukkannya ke dalam menu sehari-hari.

Meskipun begitu, Anda diimbau untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi makanan di atas secara rutin atau ketika sudah minum obat tertentu agar tidak berdampak negatif untuk kesehatan.

Baca Juga: ​Apakah Buah Manggis Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes?

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Makan Apa biar Gula Darah Cepat Turun? Berikut 15 Daftarnya…", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

×