kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.419.000   -8.000   -0,56%
  • USD/IDR 16.195
  • IDX 7.294   -26,58   -0,36%
  • KOMPAS100 1.142   -7,10   -0,62%
  • LQ45 920   -3,25   -0,35%
  • ISSI 218   -1,41   -0,64%
  • IDX30 460   -1,72   -0,37%
  • IDXHIDIV20 554   -0,98   -0,18%
  • IDX80 128   -0,53   -0,41%
  • IDXV30 130   0,41   0,32%
  • IDXQ30 155   -0,33   -0,21%
SEHAT /

Ini 7 Manfaat dan Khasiat Kecombrang Bagi Kesehatan, Bisa Melancarkan Pencernaan


Selasa, 21 Mei 2024 / 12:45 WIB
Ini 7 Manfaat dan Khasiat Kecombrang Bagi Kesehatan, Bisa Melancarkan Pencernaan
ILUSTRASI. Kecombrang

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat kecombrang untuk melancarkan pencernaan adalah salah satu khasiat yang cukup menarik perhatian untuk diketahui. Tak hanya itu, banyak manfaat dan khasiat kecombrang lainnya bisa didapatkan jika diolah dan dikonsumsi dengan benar.

Kecombrang, atau yang dikenal juga dengan nama bunga kantan atau bunga kecombrang, adalah tumbuhan yang banyak ditemukan di berbagai daerah tropis, terutama di Asia Tenggara. 

Kecombrang ini memiliki bunga yang unik dan menarik, serta memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Baca Juga: Manfaat Kubis Merah Untuk Melancarkan Pencernaan, Sudah Tahu?

Melansir dari Health Benefits Times, berikut beberapa manfaat kecombrang untuk kesehatan tubuh:

Sumber Antioksidan

Kecombrang mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penuaan dini dan risiko penyakit kronis. Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti kecombrang, dapat membantu menjaga kesehatan sel dan jaringan tubuh.

Efek Antiinflamasi

Ekstrak kecombrang telah ditemukan memiliki sifat antiinflamasi yang kuat. Kecombrang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang merupakan dasar dari banyak penyakit kronis, seperti arthritis, penyakit jantung, dan penyakit autoimun. Mengkonsumsi kecombrang secara teratur dapat membantu meredakan gejala peradangan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: Manfaat Jus Pare Untuk Menurunkan Gula Darah, Catat 7 Khasiat Ini

Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Kecombrang mengandung vitamin C, vitamin A, dan berbagai senyawa lain yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C adalah antioksidan yang penting untuk melawan infeksi dan penyakit. Dengan mengonsumsi kecombrang, Anda dapat membantu tubuh Anda lebih tahan terhadap serangan patogen dan infeksi.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kecombrang juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Senyawa antioksidan dalam kecombrang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan mengurangi peradangan dan mengendalikan tekanan darah. Selain itu, kecombrang juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Baca Juga: Waspada 5 Gejala Penyakit Rabies Bisa Bermula Dari Sakit Kepala

Potensi Anti Kanker

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa ekstrak kecombrang mungkin memiliki potensi anti kanker. Senyawa-senyawa dalam kecombrang dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker dan menginduksi apoptosis (kematian sel) pada sel kanker tertentu. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memahami sepenuhnya efek kecombrang terhadap kanker.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kecombrang juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan kulit. Ekstrak kecombrang sering digunakan dalam produk perawatan kulit karena sifat antioksidan dan antiinflamasi nya. Ini dapat membantu mengurangi peradangan kulit, mengatasi jerawat, dan meredakan iritasi kulit.

Baca Juga: Manfaat Buah Kersen untuk Menurunkan Risiko Kanker, Catat!

Melancarkan Pencernaan

Kecombrang mengandung serat makanan yang baik untuk pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, mengurangi risiko kanker usus, dan menjaga kesehatan usus secara keseluruhan. Selain itu, kecombrang juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri jahat dalam saluran pencernaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

×