kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.419.000   -8.000   -0,56%
  • USD/IDR 16.195
  • IDX 7.294   -26,58   -0,36%
  • KOMPAS100 1.142   -7,10   -0,62%
  • LQ45 920   -3,25   -0,35%
  • ISSI 218   -1,41   -0,64%
  • IDX30 460   -1,72   -0,37%
  • IDXHIDIV20 554   -0,98   -0,18%
  • IDX80 128   -0,53   -0,41%
  • IDXV30 130   0,41   0,32%
  • IDXQ30 155   -0,33   -0,21%
SEHAT /

Cara Mengatasi Darah Kental, Coba 7 Makanan Pengencer Darah Alami Ini


Selasa, 21 Mei 2024 / 15:29 WIB
Cara Mengatasi Darah Kental, Coba 7 Makanan Pengencer Darah Alami Ini
ILUSTRASI. Makanan Pengencer Darah Alami

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Salah satu cara mengatasi darah kental adalah dengan mengkonsumsi makanan pengencer darah alami. Tak hanya itu, banyak pilihan makanan pengencer darah alami yang aman dikonsumsi.

Kesehatan pembuluh darah merupakan aspek penting dalam menjaga fungsi tubuh yang optimal. Beberapa kondisi, seperti tekanan darah tinggi atau penyakit kardiovaskular, dapat menyebabkan pembekuan darah yang berlebihan. 

Untuk membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, konsumsi makanan pengencer darah alami dapat menjadi pilihan yang baik.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Mobil Listrik Murah Tahun 2024 yang Bisa Dijadikan Pilihan

Merangkum dari Medical News Today, berikut beberapa makanan pengencer darah:

1. Jahe

Jahe dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan antikoagulan alami yang dapat membantu mencegah pembekuan darah yang berlebihan. Menambahkan jahe dalam teh atau masakan sehari-hari dapat memberikan manfaat pengencer darah tanpa efek samping yang signifikan.

2. Ikan Berlemak Tinggi Omega-3

Ikan seperti salmon, mackerel, dan sarden mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi kekentalan darah. Omega-3 juga dapat mengurangi risiko pembekuan darah dan membantu menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat dan Khasiat Kecombrang Bagi Kesehatan, Bisa Melancarkan Pencernaan

3. Bawang Putih

Bawang putih dikenal mengandung senyawa allicin, yang memiliki sifat pengencer darah. Allicin dapat membantu mengurangi kekentalan darah dan meningkatkan aliran darah. Konsumsi bawang putih mentah atau dimasukkan ke dalam masakan dapat memberikan manfaat tersebut.

4. Buah-buahan Beri

Buah-buahan seperti blueberry, strawberry, dan raspberry mengandung flavonoid yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mencegah pembekuan darah. Selain itu, buah-buahan ini juga kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan secara umum.

Baca Juga: Kenali Manfaat Daun Mengkudu Untuk Mengurangi Risiko Kanker, Ada 8 Khasiat Penting

5. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran seperti bayam, kangkung, dan kale mengandung vitamin K yang dapat membantu mengatur pembekuan darah. Meskipun vitamin K terkait dengan pembekuan darah, konsumsinya dalam jumlah yang seimbang dapat membantu menjaga keseimbangan yang tepat.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu mengurangi kekentalan darah dan merangsang aliran darah. Penggunaan minyak zaitun sebagai pengganti lemak jenuh dapat memberikan manfaat kesehatan jangka panjang.

Baca Juga: Manfaat Kubis Merah Untuk Melancarkan Pencernaan, Sudah Tahu?

7. Alpukat

Alpukat mengandung potasium yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dan mencegah pembekuan darah. Kandungan lemak sehat dalam alpukat juga dapat mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan.

Mengonsumsi makanan pengencer darah alami dapat menjadi langkah yang baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah. Namun, selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum mengubah pola makan, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat pengencer darah atau memiliki kondisi kesehatan tertentu. Pemahaman yang baik tentang manfaat dan dosis yang tepat akan membantu Anda mencapai keseimbangan yang optimal untuk kesehatan darah Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

×