kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,29   1,62   0.19%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
SEHAT /

Cara Ampuh Mengatasi Cacingan, Cek 9 Obat Cacingan Alami Berikut


Senin, 27 Mei 2024 / 08:55 WIB
Cara Ampuh Mengatasi Cacingan, Cek 9 Obat Cacingan Alami Berikut
ILUSTRASI. Anak cacingan

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Salah satu cara mengatasi cacingan adalah dengan mengkonsumsi obat cacingan alami. Ada berbagai pilihan obat cacingan alami yang mudah ditemukan dan tak kalah ampuh.

Selain itu, obat cacingan alami juga relatif mudah untuk didapatkan dan baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cacingan adalah kondisi di mana tubuh terinfeksi oleh cacing parasit, seperti cacing pita, cacing gelang, atau cacing tambang. Gejala umum cacingan meliputi perut kembung, diare, penurunan berat badan, dan gangguan pencernaan.

Baca Juga: Persib Bandung Taklukan Madura United 3-0 di Final Championship Series Leg 1

Melansir dari Times Food, berikut beberapa obat cacingan alami di antaranya:

Bawang Putih

Bawang putih adalah bahan alami yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan antimikroba. Senyawa allicin yang terkandung dalam bawang putih telah terbukti efektif melawan infeksi cacing. Anda dapat mengonsumsi bawang putih mentah atau mencampurnya dengan makanan untuk membantu mengusir cacing dari sistem pencernaan.

Kelapa

Kelapa adalah sumber makanan alami yang kaya akan asam lemak laurat, yang memiliki sifat antiparasit. Konsumsi minyak kelapa ekstra virgin atau serat kelapa dapat membantu membersihkan usus dari cacing parasit.

Baca Juga: Apa Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan? Ada 7 Khasiat Penting Loh

Biji Papaya 

Biji papaya mengandung enzim papain yang dapat membantu melawan cacing usus. Mengonsumsi biji papaya segar atau dalam bentuk kapsul yang telah diolah dapat membantu membersihkan usus dari infeksi cacing.

Daun Jinten 

Jinten adalah rempah-rempah yang dapat membantu mengobati infeksi cacing. Anda dapat membuat ramuan dengan merebus biji jinten dalam air panas dan mengonsumsinya secara teratur.

Wortel

Wortel mengandung vitamin A dan serat alami yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membersihkan usus dari cacing parasit.

Baca Juga: 6 Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi, Mulai Dari Diet Sehat Hingga Olahraga

Bubuk Cabe Merah

Bubuk cabe merah mengandung senyawa capsaicin yang memiliki sifat antiparasit. Mengonsumsi makanan pedas atau mencampur bubuk cabe merah dengan makanan Anda dapat membantu mencegah infeksi cacing.

Kulit Jeruk

Kulit jeruk mengandung senyawa limonene yang dapat membantu membersihkan usus dari parasit. Anda dapat membuat teh dengan merebus kulit jeruk dalam air dan meminumnya.

Biji Labu

Biji labu adalah obat cacingan alami yang efektif. Mereka mengandung senyawa cucurbitacin yang dapat membantu mengusir cacing dari tubuh.

Baca Juga: Memasuki Libur Panjang, Ini 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung yang Menarik

Daun Kelor

Daun kelor adalah sumber nutrisi yang kaya dan memiliki sifat antiparasit. Mengonsumsi daun kelor dalam bentuk sup atau teh dapat membantu membersihkan tubuh dari infeksi cacing.

Sebelum mengonsumsi obat cacingan alami, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

×