kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%
SEHAT /

Mitos atau Fakta Makan Oatmeal Bisa Menurunkan Berat Badan?


Jumat, 05 Juli 2024 / 10:10 WIB
Mitos atau Fakta Makan Oatmeal Bisa Menurunkan Berat Badan?
ILUSTRASI. Sarapan oatmeal

Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

OATMEAL DAN BERAT BADAN - Oatmeal kerap dianggap sehat dan dikonsumsi sehari-hari untuk mendukung proses diet. Benarkah oatmeal efektif menurunkan berat badan? 

Orang-orang yang tengah berjuang menurunkan berat badan pasti tidak asing dengan oatmeal. 

Oatmeal menjadi makanan yang disantap sehari-hari oleh orang-orang yang sedang diet. Alasannya, oatmeal terdiri dari biji-bijian, memiliki nutrisi lengkap,  dan rendah kalori. 

Baca Juga: Ini Waktu yang Ideal Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Namun, benarkah oatmeal bisa mendukung seseorang untuk menurunkan berat badan? 

Mengutip dari WebMD, oatmeal terbuat dari gandum yang mengandung protein tinggi serta serat larut yang disebut dengan beta-glukan. 

Melansir dari FOOD NDTV, serat larut dalam gandum bermanfaat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan waktu transit usus, mengurangi penyerapan glukosa dalam tubuh. 

Selain itu, sifat antioksidandalam oatmeal membantu menekan kadar tekanan darah tinggi dengan memproduksi gas oksida nitrat, membantu pergerakan darah melalui pembuluh darah.

Perlu Anda ketahui, gandum juga mengandung pati karena kandungan karbohidratnya yang tinggi. 

Ahli gizi dan Pelatih Kesehatan Makrobiotik Shilpa Arora menjelaskan bahwa pati dengan indeks glikemik tinggi bisa menyebabkan lonjakan insulin dan meningkatkan risiko diabetes, jika tidak dikonsumsi dengan hati-hati.

"Gandum bisa baik atau buruk bagi kesehatan Anda, tergantung pada bahan yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan oat instan, yang memiliki indeks glikemik sangat tinggi dan diberi buah manis, dapat menyebabkan gula darah langsung turun. Hal ini dapat semakin meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi gula, rasa lelah, dan lesu, yang selanjutnya akan berdampak sebaliknya pada program penurunan berat badan Anda," kata Leema Mahajan, ahli gizi. 

Ahli Gizi Anjali Mukherjee menjelaskan oatmeal memiliki indeks glikemik tinggi sehingga harus dipasangkan dengan makanan yang memiliki indeks glikemik rendah dan serat. 

"Hal ini membuat makanan tersebut aman bagi penderita diabetes, yang selanjutnya membantu penurunan berat badan," katanya. 

Baca Juga: Cara Mengecilkan Perut Buncit Pria & Wanita, Minum Juga Ramuan Penghancur Lemak Perut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×