kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.419.000   -8.000   -0,56%
  • USD/IDR 16.195
  • IDX 7.294   -26,58   -0,36%
  • KOMPAS100 1.142   -7,10   -0,62%
  • LQ45 920   -3,25   -0,35%
  • ISSI 218   -1,41   -0,64%
  • IDX30 460   -1,72   -0,37%
  • IDXHIDIV20 554   -0,98   -0,18%
  • IDX80 128   -0,53   -0,41%
  • IDXV30 130   0,41   0,32%
  • IDXQ30 155   -0,33   -0,21%
SEHAT /

Cara Mengecilkan Perut Buncit Pria & Wanita, Minum Juga Ramuan Penghancur Lemak Perut


Minggu, 07 Juli 2024 / 07:25 WIB
Cara Mengecilkan Perut Buncit Pria & Wanita, Minum Juga Ramuan Penghancur Lemak Perut
ILUSTRASI. Cara Mengecilkan Perut Buncit Pria & Wanita, Minum Juga Ramuan Penghancur Lemak Perut

Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Cara mengecilkan perut buncit pria dan wanita - Jakarta.  Simak cara mengecilkan perut buncit pria dan wanita. Cek juga minuman untuk mengecilkan perut buncit.

Cara mengecilkan perut buncit pria dan wanita perlu diketahui banyak orang. Pasalnya, banyak orang yang mengeluhkan perut buncit seperti hamil

Cara mengecilkan perut buncit pria dan wanita penting untuk mengembalikan postur tubuh. Dengan demikian, Anda lebih percaya diri jika perut tidak buncit.

Lalu bagaimana cara mengecilkan perut buncit pria dan wanita?

19 cara mengecilkan perut buncit pria dan wanita

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 19 cara mengecilkan perut buncit pria dan wanita :

1. Rutin beraktifitas fisik

Cara mengecilkan perut buncit pria dan wanita yang pertama adalah rutin beraktifitas fisik. Dikutip dari eatingwell, beraktifitas fisik adalah cara yang mudah dilakukan untuk mengecilkan perut buncit. Cukup dengan rutin berjalan kaki atau jogging di pagi hari dapat membakar lemak yang ada di tubuh. Bila perlu, lakukan olahraga seperti plank, push up, pull up, atau lainnya untuk mempercepat pengecilan perut buncit.

Baca Juga: Diet Efektif Tanpa Obat-obatan, Dalam Sepekan Bisa Turun 4,5 Kg

2. Minum air secara rutin

Cara mengecilkan perut buncit pria dan wanita yang kedua adalah minum air secara rutin. Minum air secara rutin dan cukup adalah cara untuk menghindari seseorang dari dehidrasi. Dehidrasi akan memicu seseorang merasa lapar meski sebenarnya hanya haus, sehingga akan menyebabkan ia mencari makanan atau camilan dan memicu penumpukan lemak di tubuh.

3. Makan sesuai jadwal

Cara mengecilkan perut buncit pria dan wanita yang ketiga adalah makan sesuai jadwal. Diketahui jadwal ada tiga kali dalam sehari, yakni sarapan, makan siang, dan makan malam. Jika seseorang melewatkan jadwal tersebut, ia mulai mengalami rasa lapar yang berelebihan, dan menyebabkan makan berlebihan saat ia makan.

4. Hindari perut kembung

Cara mengecilkan perut buncit pria dan wanita yang keempat adalah hindari perut kembung. Perut kembung terjadi karena makanan yang masuk tidak dicerna dengan baik oleh tubuh, umumnya karena makan dan minum terlalu cepat. Oleh karena itu, sebaiknya hindari perut kembung dengan mengunyah makanan dengan perlahan hingga sekiranya baik untuk dicerna oleh sistem pencernaan.

5. Makan banyak serat larut

Cara mengecilkan perut buncit pria dan wanita yang kelima adalah makan banyak serat larut. Dilansir dari HealthLine, serat larut mampu menyerap air dan membentuk gel, membantu memperlambat makanan saat melewati sistem pencernaan. Dengan itu, seseorang akan terasa kenyang lebih lama dan mampu mengurangi penyerapan kalori dan lemak. Makanan yang mengandung serat laur seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

6. Hindari makanan mengandung lemak trans

Cara mengecilkan perut buncit pria dan wanita yang keenam adalah menghindari konsumsi makanan yang mengandung lemak trans. Lemak trans dapat menyebabkan penambahan lemak perut termasuk lemak tak jenuh di tubuh. Selain itu, lemak trans juga meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung dan resistensi insulin.

7. Batasi alkohol

Cara mengecilkan perut buncit pria dan wanita yang ketujuh adalah membatasi alkohol. Minum alkohol terlalu banyak diketahui dapat menyebabkan peningkatkan lemak di perut dan juga lingkar pinggang. Disarankan untuk membatasi asupan alkohol menjadi dua gelas atau kurang per hari untuk pria dan satu gelas atau kurang per hari untuk wanita.

8. Konsumsi makanan berprotein tinggi

Cara mengecilkan perut buncit pria dan wanita yang kedelapan adalah konsumsi makanan tinggi protein. Asupan protein tinggi meningkatkan pelepasan hormon kepenuhan peptida YY, yang menurunkan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang. Selain itu, protein juga meningkatkan laju metabolisme dan membantu mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan Makanan berprotein tinggi seperti daging, ikang, telur, dan susu beserta produk turunannya.

9. Kurangi tingkat stres

Cara mengecilkan perut buncit pria dan wanita yang kesembilan adalah mengurangi tingkat stres. Stres dapat membuat perut buncit dengan memicu kelenjar adrenal untuk memproduksi kortisol, juga dikenal sebagai hormon stres. Kadar kortisol yang tinggi meningkatkan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak perut. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi stress dengan berbagai cara seperti manajemen pekerjaan, bermeditasi, atau melakukan hobi di luar rumah.

10. Batasi makanan dan minuman manis

Cara mengecilkan perut buncit pria dan wanita yang ke-10 adalah membatasi makanan dan minuman manis. Kelebihan asupan gula yang mengandung fruktosa merupakan penyebab utama kenaikan berat badan pada banyak orang. Selain itu, kelebihan asupan gula juga memicu diabetes tipe 2 dan penyakit hati. Oleh karena itu, batasi asupan permen dan makanan olahan yang tinggi gula tambahan.

11. Lakukan senam aerobik

Cara mengecilkan perut buncit pria dan wanita yang ke-11 adalah melakukan senam aerobik. Latihan aerobik atau kardio adalah metode penurunan berat badan yang efektif. Studi menunjukkan bahwa ini sangat efektif untuk mengurangi lemak perut dan lemak tubuh secara keseluruhan.

12. Kurangi asupan karbohidrat

Cara mengecilkan perut buncit pria dan wanita yang ke-12 adalah mengurangi asupan karbohidrat. Asupan karbohidrat yang tinggi bisa memicu terjadinya penumpukan lemak perut dan memicu obesitas. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi asupan kabrohidrat terutama karbohidrat dari makanan olahan untuk mengecilkan perut buncit.

13. Perbanyak tidur nyenyak

Cara mengecilkan perut buncit pria dan wanita yang ke-13 adalah memperbanyak tidur nyenyak. Kebutuhan tidur yang kurang dapat meningkatkan lemak perut dan berat badan secara signifikan. Selain waktu tidur yang cukup sesuai umur, pastikan juga untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Jika menderita sleep apnea atau gangguan tidur lainnya, pertimbangkan untuk berbicara dengan dokter tentang pilihan pengobatan.

14. Rutin makan ikan berlemak

Cara mengecilkan perut buncit pria dan wanita yang ke-14 adalah rutin makan ikan berlemak. Ikan berlemak bisa menjadi tambahan bergizi untuk mendapatkan pola makan yang seimbang karena mengandung protein dan omega-3 yang bisa membantu mengurangi lemak di perut. Ikan yang mengandung lemak omega-3 seperti ikan salmon, sarden, kembung, dan teri.

15. Batasi konsumsi jus buah

Cara mengecilkan perut buncit pria dan wanita yang ke-15 adalah membatasi konsumsi jus buah. Meskpun jus buah memberikan manfaat melalui vitamin dan mineralnya, namun juga mengandung gula yang tinggi. Oleh karena itu, lebih baik untuk meminum air putih saat merasa kehausan.

16. Konsumsi makanan priobiotik

Cara mengecilkan perut buncit pria dan wanita yang ke-16 adalah konsumsi makanan probiotik. Probiotik adalah bakteri baik yang membantu meningkatkan Kesehatan usus dan meningatkan sistem kekebalan tubuh. Probiotik yang terbukti mengurangi lemak perut adalah anggota bakteri Lactobacillus, seperti Lactobacillus fermentum, Lactobacillus amylovorus, dan Lactobacillus gasseri.

17. Mencoba berpuasa intermiten

Cara mengecilkan perut buncit pria dan wanita yang ke-17 adalah berpuasa intermiten. Salah satu metode populer melibatkan puasa 24 jam sekali atau dua kali seminggu. Lainnya terdiri dari puasa setiap hari selama 16 jam dan makan semua makanan Anda dalam periode 8 jam. Jika beragama Islam, banyak macam dari berpuasa sesuai anjuran yang ada. Itu bisa mengecilkan perut buncit.

18. Minum teh hijau

Cara mengecilkan perut buncit pria dan wanita yang ke-18 adalah minum teh hijau. Teh hijau diketahui mengandung kafein dan antioksidan yang bernama katekin, dapat meningkatkan metabolism tubuh. Selain itu, katekin membantu untuk menghilangkan lemak di perut, terutama jika ditambah dengan berolahraga.

19. Memperbaiki gaya hidup

Cara mengecilkan perut buncit pria dan wanita yang ke-19 adalah memperbaiki gaya hidup. Mengubah gaya hidup dalam jangka panjang menjadi lebih sehat adalah cara yang mendukung penurunan kadar lemak di perut. Diperlukan kesabaran dan konsistensi dalam proses mengecilkan perut yang buncit.

Minuman pengecil perut buncit

Sejumlah minuman herbal bisa menjadi ramuan pengecil perut buncit. Berikut daftar minuman pengecil perut buncit yang bisa dikonsumsi secara rutin:

1. Ramuan teh dandelion

Minuman pengecil perut buncit yang pertama adalah ramuan teh dandelion. Dilansir dari NDTV, teh dandelion bermanfaat bagi tubuh, salah satunya untuk mengecilkan perut buncit. Ramuan ini bersifat diuretik dan mampu membuang racun dari tubuh. Proses detoksifikasi terjadi melalui pembuangan berat air sehingga meredakan kembung.

2. Ramuan ketumbar

Minuman pengecil perut buncit yang kedua adalah ramuan ketumbar. Masih dari sumber yang sama, jus ketumbar mampu membantu menurunkan berat badan. Anda bisa menambahkan sedikit perasan air lemon untuk mendapatkan hasil yang lebih nikmat dan efektif.

3. Ramuan teh peppermint

Minuman pengecil perut buncit yang ketiga adalah ramuan teh peppermint. Peppermint dikenal mampu menjaga laju metabolisme tetap terkendali dan menjaga pencernaan dengan baik. Kedua faktor tersebut mampu membantu menurunkan berat badan. Konsumsi secangkir teh peppermint dengan sedikit jus lemon setiap hari dapat mengecilkan perut buncit.

4. Ramuan teh kayu manis

Minuman pengecil perut buncit yang keempat adalah ramuan teh kayu manis. Menurut Healthshots, kayu manis juga bisa menjadi salah satu rempah tradisional untuk mengecilkan perut buncit.

Kayu manis mengandung kualitas terapeutik yang dapat mempercepat metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Anda bisa menambahkan sejumput kayu manis ke dalam teh. Atau, Anda juga bisa meminum air yang sudah diinfus dengan kayu manis. Caranya, masukkan kayu manis ke dalam air. Lalu, diamkan selama satu jam.

5. Ramuan biji fenugreek

Minuman pengecil perut buncit yang kelima adalah ramuan biji fenugreek. Biji fenugreek meningkatkan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan. Rempah satu ini mengandung galactomannan yang larut dalam air sehingga memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

6. Ramuan adas

Minuman pengecil perut buncit yang keenam adalah ramuan adas. Masih dari laman yang sama, ramuan adas juga sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Ramuan ini membantu sistem pencernaan saat dikonsumsi dan mengendalikan rasa lapar sehingga membantu menghilangkan lemak perut.

7. Ramuan pala

Minuman pengecil perut buncit yang ketujuh adalah ramuan pala. Rempah pala sering digunakan sebagai bumbu. Tapi tak banyak orang yang tahu bahwa konsumsi pala secara teratur dapat memberikan manfaat kesehatan. Salah satunya meningkatkan penurunan berat badan dan kualitas tidur yang lebih baik. Namun, orang dengan kondisi jantung sebaiknya menghindari konsumsi rempah satu ini.

Itulah cara mengecilkan perut buncit pria dan wanita dan daftar minuman pengecil perut buncit. Jangan lupa untuk rutin olahraga agar semakin efektif memperkecil perut buncit.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Ramuan Tradisional untuk Mengecilkan Perut Buncit, Apa Saja?", dan "19 cara mengecilkan perut buncit pria dan wanita yang Mudah Dilakukan",

Baca Juga: Daftar Olahraga Membakar Lemak Perut, Cek Jumlah Kalori Terbakar saat Olahraga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

×