kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%
SEHAT /

Manfaat Bunga Telang Bagus Untuk Mata, Jantung Dll, Cek Cara Budidada di Rumah


Senin, 27 Mei 2024 / 14:54 WIB
Manfaat Bunga Telang Bagus Untuk Mata, Jantung Dll, Cek Cara Budidada di Rumah
ILUSTRASI. Manfaat Bunga Telang Bagus Untuk Mata, Jantung Dll, Cek Cara Budidada di Rumah

Reporter: Adi Wikanto, Nur Afitria Cika | Editor: Adi Wikanto

Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan Mata - Jakarta. Manfaat bunga telah sangat banyak untuk kesehatan. Manfaat bunga telang bagus untuk kesehatan mata, kulit, hingga jantung. Menariknya lagi, cara budidaya bunga telang pun mudah, bisa dilakukan di rumah.

Bunga telang adalah salah satu tanaman yang terbukti secara ilmiah memiliki khasiat untuk kesehatan. Bunga telang ini merupakan tanaman jenis merambat. 

Diberitakan Kontan.co.id, salah satu manfaat bunga telang adalah untuk kesehatan mata. Menurut majesticherbs.com, bunga telang kaya antioksidan, flavanoid, dan peptida yang mengobati berbagai macam penyakit.   

Mengonsumsinya bisa memperbaiki sistem pencernaan dan peredaran darah. Sedangkan antioksidan, proanthocyanidin dapat membantu meningkatkan kesehatan mata.    

Diberitakan Kompas.com, berikut manfaat bunga tulang untuk kesehatan selain mata:

1. Mengatasi diabetes

Penelitian menunjukkan, bunga telang memiliki efek hipoglikemia yang membantu menurunkan kadar gula dalam darah di bawah normal. Pemberian ekstrak air bunga telang secara oral dengan dosis 400 mg/kg berat badan pada spesies tikus menunjukkan, adanya penurunan glukosa serum dan glikosilasi hemoglobin serta meningkatkan insulin serum. Mekanisme hipoglikemia ekstrak bunga telang diperkirakan melalui peningkatan sekresi insulin sebagaimana cara kerja glibencamide yang ditandai dengan meningkatnya insulin serum dan kadar glikogen.

Baca Juga: Bunga Telang Boleh Dikonsumsi Secara Langsung?

2. Menurunkan potensi obesitas

Bunga telang juga bermanfaat untuk menurunkan trigliserida dan total kolesterol dalam darah. Di sisi lain, konsumsi bunga telang juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL).

3. Berpotensi menghambat sel kanker

Penelitian menunjukkan, ekstrak air bunga telang berpotensi menghambat lini sel kanker payudara MCF-7. Namun, ekstrak tanaman ini tidak efektif untuk menghambat lini sel kanker payudara MDA-MB-231, sel kanker ovarium, lini sel kanker serviks, lini sel kanker hati, dan lini sel kanker kelamin pria.

4. Mengurangi peradangan

Efek antiinflamasi dan analgesik bunga telang dengan kadar 200 mg/kg berat badan dan 400 mg/kg berat badan pada uji coba tikus menunjukkan adanya efektifitas yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan obat antiinflamasi. Sementara, efek antiinflamasi ekstrak bunga telang pada peradangan menunjukkan adanya perlindungan terhadap penyakit peradangan kronis dengan menekan produksi mediator pro-inflamasi yang berlebihan dari sel makrofag.

5. Meredakan asma dan batuk

Sebuah studi menunjukkan bahwa khasiat bunga telang sebagai pengobatan tradisional India dapat menyembuhkan asma dan meredakan batuk. Asma adalah gangguan inflamasi kronik pada saluran pernapasan sehingga menyebabkan penderitanya mengalami batuk dan sesak napas. Ekstrak bunga telah dengan dosisi tinggi 100, 200, dan 400 mg/kg berat badan hewan percobaan dapat membantu menyembuhkan asma akut dan batuk.

6. Menghambat pertumbuhan mikroorganisme

Ekstrak bunga telang dapat menghambat pertumbuhan 3 bakteri patogen yang paling banyak ditemukan dalam tanah, yaitu Bacillus subtilis, Staphylococcus aureus, dan Escherichia coli. Ekstrak bunga telang juga menghambat pertumbuhan beberapa bakteri patogen penghasil enzim extended-spectrum beta-lactamase (ESBL), yaitu E. coli, Enteropathogenic E. coli (EPEC), Enterotoxigenic E. coli (ETEC), Klebsiella peumoniae dan Pseudomonas aeruginosa.

ESBL adalah enzim yang menyebabkan bakteri tahan terhadap berbagai macam antibiotik, seperti penisilin dan sefalosporin. Ekstrak bunga telang juga dilaporkan menghambat pertumbuhan tiga bakteri penyebab kerusakan gigi, yaitu Streptococcus mutans, Lactobacillus casei, dan Staphylococcus aureus.

7. Mengurangi stres oksidatif

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), ekstrak metanol dalam bunga telang sangat berpotensi menjadi sumber antioksidan. Kandungan senyawa flavonoid, antosianin, dan fenolik dalam bunga telang juga bermanfaat untuk mengaktifkan peran antioksidan dalam tubuh. Antioksidan bermanfaat untuk membantu melindungi sel serta mengurangi stres oksidatif yang dapat mengakibatkan penuaan dini serta penyakit kronis lainnya.

8. Masalah rambut rontok

Bunga telang mengandung bioflavonoid dan anthocyanin. Senyawa itu dikenal untuk meningkatkan sirkulasi darah di kepala, sehingga dapat menjaga kesehatan kulit kepala serta mampu mengatasi rambut rontok. Tak hanya itu, bunga telang juga bisa menghambat pertumbuhan uban.

9. Mengurangi risiko hipertensi dan penyakit jantung

Bunga telang mengandung antosianin yang dapat membantu mengurangi kekakuan arteri. Jika arteri kaku, darah akan sulit mengalir, sehingga mengakibatkan tekanan darah tinggi. Hal ini juga meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Cara budidaya bunga telang di rumah

Bunga telang merupakan tanaman yang memiliki warna biru keunguan. Anda bisa mencoba cara menanam bunga telang di rumah. 

Menanam bunga telang di rumah punya banyak manfaatnya. Salah satunya, Anda bisa memanen bunga telang dan dijadikan minuman. 

Perlu diketahui, mengonsumsi bunga telang ternyata baik untuk kesehatan tubuh, lo. 

Beberapa orang telah menjadikan bunga telang sebagai minuman herbal. Jika diseduh, teh bunga telang ini akan memiliki warna biru. 

Menanam bunga telang di rumah juga tidak perlu perawatan yang rumit. Selain itu, Anda tidak perlu lahan yang luas untuk menanamnya.   

Mengutip Garden Began, berikut cara budidaya bunga telang dalam rumah:

1. Anda bisa memulai dengan menanam bunga telang menggunakan biji. Tanamlah biji bunga telang dalam pot. 

2. Tanam pada campuran tanah yang lembab pada suhu 20 derajat Celcius atau lebih.

3. Jika bibit bunga telang sudah tumbuh sekitar 3 inci dengan daun yang banyak, Anda bisa bersiap untuk memindahkannya ke wadah lain.

4. Anda bisa mengisi setengah wadah dengan campuran tanah dan tempatkan bibit di tengahnya.

5. Tutupi sisi dengan campuran tanah yang sama dan sisakan ruang 1 inci di bagian atas untuk penyiraman.

6. Tuang air secara menyeluruh dan biarkan tanah menetes melalui lubang drainase bagian bawah.

7. Selanjutnya, letakkan wadah di dekat jendela atau di balkon yang bisa mendapatkan sinar matahari secara maksimal. 

8. Anda bisa memberikan pupuk cair untuk pertumbuhan bunga telang. 

9. Perlu diketahui, tanaman bunga telang membutuhkan tanah yang lembab. Oleh karena itu, Anda perlu mengeceknya sebelum menyiraminya dengan air. 

10. Tanaman bunga telah siap berbunga dalam 4-6 bulan setelah ditanam. Jadi, bersabalah dan rawat secara teratur.

Nah, manfaat bunga telang untuk kesehatan mata, kulit, jantung serta cara budidaya bunga telang dalam rumah. Selamat mencoba!

Selanjutnya: Mendag Sebut Harga Eceran Minyakita Layak Naik Jadi Rp 15.000 Per Liter

Menarik Dibaca: Prakiraan Cuaca Bekasi, Depok dan Bogor Besok (28/5): Cerah Berawan dan Berawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

×