kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.419.000   -8.000   -0,56%
  • USD/IDR 16.195
  • IDX 7.294   -26,58   -0,36%
  • KOMPAS100 1.142   -7,10   -0,62%
  • LQ45 920   -3,25   -0,35%
  • ISSI 218   -1,41   -0,64%
  • IDX30 460   -1,72   -0,37%
  • IDXHIDIV20 554   -0,98   -0,18%
  • IDX80 128   -0,53   -0,41%
  • IDXV30 130   0,41   0,32%
  • IDXQ30 155   -0,33   -0,21%
SEHAT /

Catat 6 Olahraga untuk Bermanfaat untuk Memperbaiki Postur Tubuh


Minggu, 07 Juli 2024 / 10:00 WIB
Catat 6 Olahraga untuk Bermanfaat untuk Memperbaiki Postur Tubuh
ILUSTRASI. Pilates

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cermati rekomendasi olahraga untuk memperbaiki postur tubuh yang buruk. Latihan ini bisa dicoba bagi Anda yang ingin mendapatkan penampilan yang lebih bugar.

Pilihan latihan untuk postur tubuh adalah serangkaian aktivitas fisik yang dirancang untuk membantu memperbaiki dan mempertahankan postur yang baik pada tubuh manusia.

Jika Anda ingin memperbaiki postur tubuh dan mendapatkan penampilan yang lebih bugar, ada beberapa jenis latihan yang bisa Anda coba. Latihan ini dirancang khusus untuk membantu memperbaiki dan mempertahankan postur tubuh yang baik.

Postur tubuh yang baik adalah posisi tubuh yang seimbang dan selaras, di mana tulang belakang dan bagian tubuh lainnya berada dalam posisi yang benar.

Ini penting untuk mengurangi tekanan berlebihan pada sendi, otot, dan tulang, serta membantu mencegah masalah kesehatan seperti sakit punggung dan ketegangan otot.

Baca Juga: 8 Tanda-Tanda Batu Ginjal, Gejala, dan Pengobatan Batu Ginjal

Sakit pinggang

Mengapa Postur yang Buruk Bisa Berbahaya?

1. Kondisi Genetik

Beberapa orang dilahirkan dengan kondisi genetik yang mempengaruhi bentuk tulang belakang dan pinggul, sehingga mempengaruhi postur tubuh sejak lahir. Kondisi ini perlu dikelola dengan baik agar tidak memperburuk postur tubuh seiring waktu.

2. Cedera

Cedera dari olahraga atau aktivitas lain dapat mempengaruhi postur tubuh karena tubuh cenderung melindungi area yang cedera, misalnya dengan berjalan pincang jika ada cedera kaki. Ini dapat menyebabkan perubahan pada postur tubuh secara keseluruhan.

3. Aktivitas Sehari-hari

Aktivitas sehari-hari, termasuk pekerjaan yang dilakukan dalam jangka waktu lama, dapat mempengaruhi postur tubuh. Pekerjaan yang mengharuskan Anda duduk lama atau menggunakan bagian tubuh tertentu secara berlebihan bisa menyebabkan postur tubuh yang buruk.

4. Kurangnya Aktivitas Fisik

Kurangnya penggunaan otot juga menjadi masalah. Misalnya, otot punggung yang lemah di kedua sisi tulang belakang dapat mempengaruhi kemampuan kita untuk mempertahankan postur yang baik.

Baca Juga: Ciri-Ciri Darah Tinggi Usia Muda 20 Tahunan, Ini Tips Menurunkan Darah Tinggi Alami

Latihan untuk Memperbaiki Postur Tubuh

Latihan berikut ini bertujuan untuk menguatkan otot-otot yang mendukung tulang belakang dan membantu tubuh tetap dalam posisi yang benar. Ini dapat membantu mencegah ketidaknyamanan dan masalah kesehatan yang berhubungan dengan postur tubuh yang buruk.

Daftar olahraga untuk memperbaiki postur tubuh yang bisa dicoba dari rumah dilansir dari The Guardian.

1. Latihan Kekuatan Inti

Anda bisa memulai olahraga dengan menguatkan otot-otot inti, termasuk perut, pinggul, dan punggung bagian bawah, dapat membantu mempertahankan postur yang baik. Latihan seperti sit-up, plank, dan bridge dapat membantu menguatkan otot-otot ini.

Panduan latihan ini perlu dilakukan secara bertahap mulai dari durasi hingga repitisi yang seimbang dan berkembang.

2. Pilates

Pilates berfokus pada pengembangan otot inti (perut, pinggul, punggung bagian bawah), yang membantu memperbaiki dukungan tulang belakang dan postur. Latihan Pilates juga melibatkan peregangan dan gerakan yang membantu meningkatkan fleksibilitas.

3. Berenang

Berenang merupakan olahraga yang melibatkan banyak otot tubuh, termasuk otot-otot punggung dan perut. Renang dapat membantu memperkuat otot-otot yang mendukung tulang belakang dan mempromosikan postur yang baik.

4. Variasi Yoga

Yoga melibatkan kombinasi peregangan, pernapasan, dan gerakan yang dapat meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan kesadaran tubuh.

Beberapa pose yoga juga dirancang untuk membantu memperbaiki postur dan meningkatkan posisi tulang belakang.

5. Latihan Punggung dan Bahu

Latihan khusus yang menguatkan otot-otot punggung, bahu, dan leher dapat membantu mencegah bungkuk dan ketegangan pada area tersebut.

6. Jalan kaki atau berlari

Berjalan atau berlari dengan postur yang benar dapat membantu memperkuat otot-otot punggung dan perut, serta memperbaiki postur tubuh secara keseluruhan.

Tak hanya olahraga, pastikan Anda perlu memperbaiki kesadaran akan postur saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Anda memiliki masalah postur yang serius atau ingin memulai program latihan untuk memperbaiki postur, berkonsultasilah dengan dokter spesialis. Itulah penjelasan terkait olahraga yang bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh dengan bertahap.

Selanjutnya: Perempuan Wajib Tahu Tanda Progesteron Rendah Berikut Ini

Menarik Dibaca: Perempuan Wajib Tahu Tanda Progesteron Rendah Berikut Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

×