kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45861,67   -2,73   -0.32%
  • EMAS1.368.000 0,59%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
SEHAT /

Apa Manfaat Jamur Tiram Bagi Kesehatan? Catat 7 Khasiat Berikut


Rabu, 22 Mei 2024 / 14:30 WIB
Apa Manfaat Jamur Tiram Bagi Kesehatan? Catat 7 Khasiat Berikut
ILUSTRASI. Jamur tiram

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Apa saja manfaat jamur tiram bagi kesehatan tubuh? ada banyak manfaat jamur tiram untuk kesehatan yang bisa didapatkan jika diolah dan dikonsumsi dengan benar.

Jamur tiram (pleurotus ostreatus) merupakan salah satu jenis jamur yang populer dikonsumsi dan juga dikenal karena manfaat kesehatannya. 

Selain rasanya yang lezat, jamur tiram memiliki sejumlah nutrisi dan senyawa bioaktif yang dapat memberikan kontribusi positif bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Kenali Manfaat Daun Melinjo Untuk Menurunkan Kolesterol, Sudah Tahu?

Merangkum dari Healthline, berikut manfaat jamur tiram bagi kesehatan:

1. Kandungan Nutrisi Tinggi

Jamur tiram mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein, serat, vitamin B kompleks, vitamin D, fosfor, zat besi, kalium, dan selenium. Nutrisi-nutrisi ini memiliki peran vital dalam menjaga kesehatan tubuh dan mendukung berbagai fungsi organ.

2. Sumber Protein Nabati

Bagi individu yang menjalani pola makan nabati atau vegetarian, jamur tiram dapat menjadi sumber protein yang baik. Protein adalah nutrisi esensial yang diperlukan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta menjaga keseimbangan hormonal.

Baca Juga: Manfaat Ampas Kopi Untuk Dijadikan Pupuk Organik, Ada 7 Khasiat Lainnya

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Jamur tiram mengandung senyawa beta-glukan dan ergosterol, yang telah dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol. Konsumsi jamur tiram secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

4. Penguat Sistem Kekebalan Tubuh

Beta-glukan, yang ditemukan dalam jamur tiram, memiliki sifat imunomodulator yang dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap infeksi dan penyakit. Dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh, tubuh lebih mampu melawan patogen dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: Manfaat Belimbing Wuluh untuk Menurunkan Gula Darah, Cek 8 Khasiat Ini

5. Antioksidan untuk Melawan Radikal Bebas

Jamur tiram kaya akan antioksidan, seperti selenium dan vitamin C, yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan dihubungkan dengan berbagai penyakit, termasuk kanker. Mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan ini.

6. Mendukung Kesehatan Tulang

Vitamin D, yang terdapat dalam jumlah cukup dalam jamur tiram, diperlukan untuk penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh. Nutrisi ini esensial untuk kesehatan tulang dan dapat membantu mencegah osteoporosis.

Baca Juga: Apa Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan? Bisa Mengurangi Risiko Diabetes Hingga Kanker

7. Menyediakan Energi dengan Kalori Rendah

Jamur tiram adalah sumber energi yang baik, namun rendah kalori dan lemak. Oleh karena itu, mereka dapat menjadi pilihan makanan yang baik untuk mereka yang ingin menjaga berat badan atau mengurangi asupan kalori.

Dengan kandungan nutrisi yang tinggi dan sejumlah manfaat kesehatan yang terkait, jamur tiram dapat menjadi tambahan yang bermanfaat dalam pola makan sehat. Konsultasikan dengan profesional kesehatan jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau ragu-ragu tentang pengaruh jamur tiram pada kesehatan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

×