kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%
SEHAT /

6 Olahraga bagi Penderita Asam Urat yang Bisa Menjadi Rutinitas Baru


Minggu, 14 Juli 2024 / 12:00 WIB
6 Olahraga bagi Penderita Asam Urat yang Bisa Menjadi Rutinitas Baru
ILUSTRASI. Berenang

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Catat daftar olahraga untuk penderita asam urat yang wajib diwaspai. Intensitas gerakan tubuh untuk penderita gout bisa saja berkurang karena nyeri yang melanda.

Penderita asam urat perlu berfokus pada aktivitas fisik yang rendah untuk mengurangi risiko kambuhnya asam urat dan meredakan gejala nyeri. 

Saat kurang berolahraga, tentu bisa menyebabkan lingkaran setan yang memperburuk efek menyakitkan dari kondisi tersebut. Asam urat membuat persendian Anda sakit sehingga Anda mungkin tidak ingin berolahraga karena mengira hal itu akan memperburuk rasa sakitnya.

Namun, kurang berolahraga dapat membuat Anda kurang fleksibel, melemahkan otot dan persendian, serta mengakibatkan pengeroposan tulang.

Baca Juga: Cegah Serangan Jantung Saat Bekerja dengan Rutin Berolahraga

Lari di treadmill

Olahraga dapat membantu Anda mengendalikan asam urat dan mempercepat penyembuhan. Latihan fisik yang tepat dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan energi Anda.

Penting untuk selalu mendekati olahraga dengan hati-hati dan berbicara dengan dokter sebelum memulai atau mengubah program olahraga.

Tterutama saat Anda memiliki riwayat asam urat atau masalah sendi. Dokter Anda dapat memberikan saran khusus berdasarkan kondisi kesehatan.

Selain itu, ketika berolahraga untuk asam urat, ingatlah untuk minum banyak air untuk membantu menghilangkan asam urat dari tubuh.

Cek daftar olahraga untuk penderita asam urat yang bisa dilakukan dengan konsisten dan hati-hati dilansir dari laman Spring Chicken.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami, Penting Untuk Cegah Penyakit Jantung

1. Berenang

Renang adalah cara yang bagus untuk meningkatkan mobilitas dan fungsi sendi. Gerakan di dalam air mengurangi tekanan pada sendi. Berenang cocok untuk penderita asam urat atau radang sendi lainnya. Mulailah perlahan dan tingkatkan waktu berenang secara bertahap. Fokus pada durasi waktu berenang, bukan kecepatan atau jarak.

Bangun rutinitas dengan berenang dua hari seminggu selama 15 menit. Akhirnya, upayakan untuk berenang selama 30 hingga 45 menit.

2. Peregangan

Peregangan sederhana memungkinkan otot untuk terus membangun kekuatan dan fleksibilitas tanpa kontraksi yang tidak diinginkan. Mulailah dengan mengepalkan tangan dan memutar pergelangan tangan searah dan berlawanan arah jarum jam selama masing-masing 30 detik. Letakkan tangan di samping dan putar bahu ke depan dan belakang selama 30 detik.

Mulailah dengan duduk di lantai dengan kaki lurus ke depan, lalu raih ke depan untuk menyentuh jari-jari kaki. Tahan selama sekitar 15 detik dan ulangi hingga 3 kali.

3. Latihan Kekuatan

Program latihan kekuatan sederhana dapat membantu mengatasi gejala asam urat. Kombinasi latihan pembentukan otot dan aerobik dengan intensitas sedang dapat memberikan dampak positif.

Latihan kekuatan seperti angkat beban ringan membantu memperkuat otot-otot di sekitar sendi dan mengurangi tekanan pada sendi yang terkena asam urat. Gunakan teknik yang benar dan hindari mengangkat beban berlebih.

4. Senam Air

Senam air di kolam renang adalah olahraga berdampak rendah yang baik untuk penderita asam urat. Berenang atau bergerak di dalam air membantu meredakan nyeri dan meningkatkan sirkulasi darah.

5. Latihan Aerobik

Latihan kardiovaskular membantu meningkatkan fungsi paru-paru dan kemampuan tubuh memetabolisme asam dengan menggunakan oksigen. Latihan aerobik umumnya juga menguatkan otot-otot tubuh bagian bawah.

Pilih latihan aerobik berdampak rendah seperti berjalan kaki, naik turun tangga, atau menari. Mulailah dengan 10 menit setiap hari dan tambahkan beberapa menit setiap hari. Targetkan 30 hingga 45 menit sehari, 5 hari seminggu.

6. Sepeda Statis

Bersepeda dengan sepeda statis melibatkan otot-otot kaki dan meningkatkan kesehatan jantung. Pastikan sepeda sesuai dengan ukuran tubuh Anda dan pilih gerakan yang nyaman. Perhatikan nutrisi dan pola makan untuk mendukung rutinitas olahraga baru Anda.

Demikian penjelasan terkait olahraga yang cocok untuk penderita asam urat sehingga perlu menjadi aktivitas rutin menyehatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×