kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%
SEHAT /

4 Efek Buruk Makan Kecubung dan Bahaya Jangka Panjang saat Overdosis


Sabtu, 13 Juli 2024 / 11:45 WIB
4 Efek Buruk Makan Kecubung dan Bahaya Jangka Panjang saat Overdosis
ILUSTRASI. Efek Samping Makan Kecubung

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Kenali bahaya dan efek samping konsumsi kecubung. Tanaman ini dikenal menghasilkan buah berbahaya yang dikenal sebagai kecubung.

Buah kecubung Datura, juga dikenal sebagai jimsonweed, terkenal karena kandungan alkaloidnya yang dapat menyebabkan berbagai efek psikoaktif.

Kecubung Datura mengandung senyawa alkaloid seperti atropin, skopolamin, dan hyosiamin, yang dapat berbahaya bagi kesehatan manusia jika dikonsumsi.

Tanaman ini sering dikira sebagai tanaman Brugmansia, yang merupakan tanaman hias berbunga yang kadang disebut terompet malaikat. Bunga pada banyak spesies kecubung Datura juga berbentuk terompet, dan mungkin berwarna merah muda, putih, kuning, atau ungu.

Baca Juga: Tanda-Tanda Asam Urat Menyerang Lutut dan Cara Mengobatinya

Pusing setelah olahraga

Saat musim berbunga selesai, Datura menghasilkan buah kapsul berduri, sehingga disebut thornapple. Kecubung juga memiliki daun hias dan tumbuh dengan baik di banyak iklim sedang.

Semua bagian tanaman Datura mengandung alkaloid seperti skopolamin, hyosiamin, dan atropin. D. stramonium adalah salah satu spesies kecubung yang umum disalahgunakan untuk tujuan rekreasi di Amerika Serikat.

Pengguna kecubung dapat mengalami halusinasi yang berlangsung hingga dua hari, dan efek sampingnya sangat berbahaya.

Penyalahgunaan kecubung untuk rekreasi menjadi populer pada 1990-an dan awal 2000-an, yang menyebabkan peningkatan laporan kematian akibat overdosis dan keracunan.

Senyawa kimia yang ditemukan di sebagian besar spesies Datura dapat menyebabkan efek samping yang tidak nyaman, halusinasi, perilaku yang tidak biasa, gangguan mood, dan overdosis.

Bagian Kecubung untuk Formulasi Obat

Buah kecubung

Mengutip dari Net Meds, Tanaman Kecubung secara keseluruhan memiliki beberapa sifat yang khas antara lain antispasmodik, analgesik, perangsang ngantuk, ekspektoran, sedatif, hipnotis, memabukkan, perangsang rahim dan bronkodilator.

Karena beberapa khasiat terapeutiknya, seluruh tanaman, baik itu daun, biji, akar, atau buah segar atau kering, Datura telah mengukir jalannya dalam banyak pengobatan tradisional dan alternatif.

Biji datura bila digunakan dalam bentuk mentah sangat berbahaya dan beracun, oleh karena itu sebelum digunakan dalam formulasi apapun, biji datura memerlukan serangkaian prosespemurnian, untuk mendetoksifikasi efek berbahaya.

Sehingga dapat mengurangi tingkat toksisitas dalam tubuh manusia dan untuk mempromosikan nilai terapeutik dari bagian tersebut.

Baca Juga: Waspada, Polusi Udara Bisa Menyusup Hingga ke Dalam Ruangan

Efek samping makan Kecubung

Ada sederet bahaya makan kecubung Datura, berikut dilansir dari Sunrise House.

1. Psikoaktif dari makan kecubung

Kandungan alkaloid dalam buah kecubung Datura dapat memengaruhi sistem saraf pusat, menyebabkan efek psikoaktif seperti halusinasi, delirium, dan kebingungan. Efek ini bisa berlangsung selama beberapa hari dan sangat tidak nyaman bagi yang mengalaminya.

2. Tidak overdosis

Apabila seseorang tidak overdosis pada kecubung, mereka cenderung mengalami efek comedown, seperti mabuk, setelah obat dimetabolisme keluar dari tubuh. Tanda-tandanya meliputi depresi, kecemasan, perubahan suasana hati dan lekas marah, serta photophobia (kepekaan terhadap cahaya).

Selain itu, mereka juga bisa mengalami dehidrasi hingga kesulitan berbicara atau memahami bahasa.

3. Masalah kesehatan

Konsumsi buah kecubung Datura dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti penurunan tekanan darah, denyut jantung yang tidak teratur, gangguan pencernaan, dan masalah pernapasan. Beberapa kasus konsumsi kecubung atau Datura dilaporkan menyebabkan kematian.

4. Efek jangka panjang

Penggunaan jangka panjang buah kecubung Datura dapat menyebabkan kerusakan organ dan saraf. Penggunaan jangka panjang juga dapat menyebabkan ketergantungan dan penarikan, sehingga sebaiknya dihindari. Karena bahaya yang terkait dengan buah kecubung, penting untuk menghindari konsumsi atau penggunaan tanaman ini.

Jika Anda mengalami gejala setelah salah makan kecubung, segera mencari bantuan medis untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Itulah penjelasan terkait informasi dari bahaya dan efek samping makan Kecubung yang perlu diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×