kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.419.000   -8.000   -0,56%
  • USD/IDR 16.195
  • IDX 7.294   -26,58   -0,36%
  • KOMPAS100 1.142   -7,10   -0,62%
  • LQ45 920   -3,25   -0,35%
  • ISSI 218   -1,41   -0,64%
  • IDX30 460   -1,72   -0,37%
  • IDXHIDIV20 554   -0,98   -0,18%
  • IDX80 128   -0,53   -0,41%
  • IDXV30 130   0,41   0,32%
  • IDXQ30 155   -0,33   -0,21%
SEHAT /

3 Camilan Tinggi Nutrisi Ini Bank untuk Menjaga Kesehatan Jantung


Kamis, 04 Juli 2024 / 10:15 WIB
3 Camilan Tinggi Nutrisi Ini Bank untuk Menjaga Kesehatan Jantung
ILUSTRASI. Roti dan alpukat salah satu camilan yang baik untuk kesehatan jantung.

Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

CAMILAN YANG BAIK UNTUK KESEHATAN JANTUNG -  Tidak semua camilan mengandung gula dan garam tinggi. Ini tiga camilan sehat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. 

Hampir semua orang suka makan camilan di sela-sela waktu makan.

Umumnya, orang-orang makan camilan yang kaya akan garam dan gula yang memberikan dampak buruk untuk kesehatan. 

Padahal, ada cukup banyak jenis camilan kaya nutrisi yang memiliki rasa lezat. Camilan tersebut juga memberikan manfaat baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam porsi terukur. 

Baca Juga: Inilah Bahaya Asam Urat Tinggi, Lakukan Cara Menurunkan Asam Urat Tanpa Obat

Melansir dari Eating Well, berikut tiga macam camilan kaya nutrisi yang bermanfat untuk kesehatan jantung: 

1. Hummus dan sayuran 

"Hummus biasanya dibuat dengan buncis atau kacang-kacangan atau lentil lainnya, yang mengandung serat yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (lipoprotein densitas rendah)," kaya David Sabgir, M.D., adalah seorang ahli jantung, pendiri Walk with a Doc, dan juru bicara Avocados - Love One Today.

Sedangkan, sayuran mengandung serat, vitamin, dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

2. Roti panggang dengan alpukat 

Roti panggang dengan tambahan alpukat di atasnya bisa menjadi camilan sehat yang bisa dimakan kapan saja. 

“Alpukat mengandung lemak baik, termasuk 5 gram lemak tak jenuh tunggal per sepertiga alpukat berukuran sedang, yang dapat mendukung kesehatan jantung dengan mengurangi kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah Anda,” kata Sabgir. 

3. Kacang campur dengan cokelat hitam 

“Kacang, seperti kenari atau almond, menawarkan lemak tak jenuh, dan cokelat hitam mengandung polifenol, seperti flavanol dan katekin,” jelas Sabgir.

Asal tahu saja, konsumsi lemak tak jenuh baik dan polifenol telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

Sedangkan, kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang baik. 

Baca Juga: Penderita Kolesterol Tinggi Dilarang Makanan & Minuman Apa Saja? Ini Daftarnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

×