kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.347.000 1,05%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
SEHAT /

Syahrini Hamil, Cek Fungsi Asam Folat Untuk Ibu Hamil & Makanan Sumber Asam Folat


Minggu, 26 Mei 2024 / 15:20 WIB
Syahrini Hamil, Cek Fungsi Asam Folat Untuk Ibu Hamil & Makanan Sumber Asam Folat
ILUSTRASI. Syahrini Hamil, Cek Fungsi Asam Folat Untuk Ibu Hamil & Makanan Sumber Asam Folat

Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Fungsi Asam Folat Untuk Ibu Hamil - KONTAN.CO.ID -Jakarta. Kabar bahagia datang dari penyanyi Syahrini yang mengumumkan kehamilan. Ibu hamil perlu konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan asam folat. Apa fungsi asam folat untuk ibu hamil?

Syahrini mengumumkan kehamilan anak pertama melalui akun media sosial. Dalam foto yang diunggah di akun Instagramnya, perut istri pengusaha muda Reino Barack tampak sudah membesar.

"Bismillahirrahmanirrahim, we made one wish and it came true," tulis Syahrini di akun Instagramnya.

Kehamilan ini jelas menjadi kabar bahagia untuk pasangan Syahrini dan Reino Barack. Ini adalah kehamilan pertama setelah lima tahun menikah. Syahrini dan Reino Barack menikah 27 Februari 2019. 

Dalam pengumuman kehamilan itu, Syarihini mengunggah beberapa foto dengan berbagai pose. Bersamaan itu, Syahrini yang menuliskan bahwa kandungannya sudah memasuki 7 bulan. 

Pose foto Syahrini antara lain ia terlihat memegangi perutnya. Sementara itu sang suami, Reino Barack terlihat mencium dan memeluknya.

Baca Juga: Kandungan Skincare yang Tidak Boleh untuk Ibu Hamil, Bahayakan Janin!

Fungsi asam folat untuk ibu hamil

Dokter kandungan dan bidan selalu memberikan vitamin tambahan untuk ibu hamil. Vitamin itu antara lain vitamin B9 atau asam folat.

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, asam folat adalah salah satu jenis vitamin yang memegang peranan penting dalam tubuh, khususnya ibu hamil. Maka dari itu, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat secara rutin supaya tubuh bisa berfungsi secara normal.

Salah satu fungsi asam folat untuk ibu hamil adalah berguna dalam pembagian sel dan berpengaruh pada pertumbuhan serta perkembangan janin. Jika ibu hamil tak mencukupi kebutuhan asam folat, janin berisiko lahir dalam keadaan cacat.

Mengutip dari Healthline, orang dewasa perlu mengonsumsi 400 mcg asam folat per hari supaya tak mengalami defisit. Anda tak perlu khawatir karena ada banyak sumber makanan yang mengandung nutrisi itu.

Asparagus

Sumber makanan pertama yang memiliki banyak asam folat adalah asparagus. Dalam 90 g asparagus, Anda bisa mendapat 134 mcg asam folat di mana memenuhi 34% kebutuhan asam folat harian Anda. Tak hanya itu, asparagus juga mengandung antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri.

Telur

Telur termasuk dalam salah satu makanan yang mengandung asam folat. Dalam satu butir telur berukuran besar, Anda bisa mendapat 22 mcg asam folat.

Selain itu, masih banyak nutrisi penting lain yang terkandung dalam telur. Mulai dari protein, riboflavin, vitamin B12, selenium, dan lain sebagainya.

Sumber makanan tersebut juga mengandung antioksidan yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Maka dari itu, usahakan untuk memasukkan telur dalam daftar makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.

Sayuran hijau

Healthline menyebutkan, sayuran hijau juga bisa untuk memenuhi kebutuhan asam folat Anda. Anda bisa mendapat 58,2 mcg asam folat dari 30 g bayam mentah.

Tak berhenti sampai di situ, bayam juga mengandung banyak nutrisi penting dan hanya mengandung sedikit kalori sehingga cocok dikonsumsi secara rutin.

Buah bit

Salah satu makanan yang mengandung asam folat untuk Anda pilih adalah buah bit. Anda bisa memenuhi 37% kebutuhan asam folat harian dengan mengonsumsi 136 g buah bit.

Selain mengandung asam folat, buah bit memiliki banyak nutrisi penting, seperti vitamin C, mangan, dan kalium. Buah bit juga mengandung nitrat yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Menurut sebuah penelitian, minum jus buat bit mampu menurunkan tekanan darah sistolik secara sementara sebanyak 4-5 mmHg.

Itulah kabar Syahrini hamil dan fungsi asam folat untuk tubuh.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

×