kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,29   1,62   0.19%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
SEHAT /

Susah Tidur Setiap Hari? Ini 8 Cara Mengatasi Insomnia Kronis secara Bertahap


Kamis, 16 Mei 2024 / 12:23 WIB
Susah Tidur Setiap Hari? Ini 8 Cara Mengatasi Insomnia Kronis secara Bertahap
ILUSTRASI. Kesulitan tidur

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketahui cara mengatasi insomnia yang berlangsung sepanjang hari. Kondisi kesulitan tidur selama berhari-hari dapat mengganggu aktivias Anda.

Insomnia kronis merupakan kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan tidur secara konsisten selama lebih dari tiga kali seminggu selama tiga bulan atau lebih.

Ini berbeda dengan insomnia akut, yang merupakan kesulitan tidur yang berlangsung dalam jangka waktu yang lebih singkat, biasanya terkait dengan peristiwa stresor yang khusus atau perubahan lingkungan.

Orang dengan insomnia kronis mungkin mengalami kesulitan tertidur pada awal malam, bangun terlalu awal dan tidak dapat tidur kembali, atau bangun beberapa kali selama malam dengan kesulitan untuk tidur kembali.

Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik Mengganti Seprai dan Mencuci Bantal?

Cara mengatasi insomnia kronis

Susah tidur

Akibatnya, mereka sering merasa kelelahan dan tidak bertenaga selama siang hari, mengganggu fungsi sehari-hari dan kesejahteraan umum.

Insomnia kronis dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk stres, gangguan kesehatan mental seperti kecemasan atau depresi.

Jika insomnia kronis Anda disebabkan oleh kondisi medis yang mendasarinya, seperti asam lambung naik atau rasa sakit, mengobati kondisinya dapat menyembuhkan insomnia Anda.

Kondisi kesehatan kronis yang menyebabkan insomnia dapat dikelola dengan perubahan dalam pengobatan, yang pada gilirannya mengelola atau mencegah insomnia.

Anda dapat membicarakan dengan dokter tentang perubahan obat atau rencana pengobatan bila salah satu obat menyebabkan insomnia.

Simak beberapa cara mengatasi insomnia berhari-hari yang dapat Anda coba secara konsisten, dirangkum dari Healthline.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Mimpi, Proses, dan Faktor Pembentuk Terkait Kesehatan

1. Hindari konsumsi kafein

Zat Kafein adalah stimulan yang dapat meningkatkan aktivitas otak dan membuat sulit untuk tidur. Oleh karena itu, Anda perlu menghindari minum minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, atau minuman berenergi, terutama menjelang waktu tidur.

2. Hindari alkohol dan merokok sebelum tidur

Alkohol dan nikotin dalam rokok dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Meskipun alkohol mungkin membuat tubuh mudah mengantuk pada awalnya, tetapi dapat mengganggu pola tidur dan menyebabkan Anda terbangun lebih awal.

3. Aktivitas fisik secara teratur

Olahraga secara teratur dapat membantu tidur lebih nyenyak di malam hari. Namun, hindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, karena dapat meningkatkan tingkat energi dan membuat sulit tidur.

4. Jangan tidur siang

Tidur siang dapat mengganggu pola tidur malam Anda. Jika Anda merasa perlu untuk beristirahat di siang hari, usahakan agar tidurnya tidak terlalu lama dan hindari tidur terlalu dekat dengan waktu tidur malam Anda.

5. Jangan makan besar di malam hari

Anda perlu mengurangi konsumsi makanan besar atau berat di malam hari dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut dan sulit untuk tidur. Cobalah untuk makan makanan ringan beberapa jam sebelum tidur.

6. Jadwalkan tidur di waktu yang sama

Jaga jadwal tidur yang konsisten membantu mengatur jam biologis tubuh Anda dan memastikan Anda mendapatkan jumlah tidur yang cukup setiap malam.

7. Hindari memakai gadget sebelum tidur

Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar perangkat elektronik dapat mengganggu produksi hormon tidur melatonin. Hindari penggunaan perangkat tersebut sebelum tidur untuk membantu Anda tidur lebih cepat.

8. Gunakan masker tidur

Lingkungan tidur yang gelap membantu merangsang produksi hormon tidur melatonin. Gunakan penutup mata atau gorden gelap untuk menjaga cahaya keluar dari kamar tidur Anda dan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Demikian informasi terkait mengatasi insomnia yang berlangsung sepanjang hari dengan praktis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

×