kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.461.000   -2.000   -0,14%
  • USD/IDR 15.171   -65,00   -0,43%
  • IDX 7.745   3,61   0,05%
  • KOMPAS100 1.210   1,46   0,12%
  • LQ45 971   -6,60   -0,68%
  • ISSI 233   2,13   0,92%
  • IDX30 497   -2,77   -0,55%
  • IDXHIDIV20 598   -4,92   -0,82%
  • IDX80 138   0,12   0,09%
  • IDXV30 142   0,88   0,62%
  • IDXQ30 166   -1,20   -0,72%
SEHAT /

Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan, Banyak Khasiat Penting Loh!


Sabtu, 01 Juni 2024 / 15:30 WIB
Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan, Banyak Khasiat Penting Loh!
ILUSTRASI. Manggis

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat buah manggis bagi kesehatan bisa didapatkan jika dikonsumsi dengan benar. Tak heran, manfaat buah manggis cukup menarik perhatian untuk diketahui.

Buah manggis rasa yang khas dan enak untuk diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman.

Tidak hanya ktu, Buah manggis terkenal dengan sebutan "ratu buah" karena kekayaan nutrisi dan senyawa alami yang dikandungnya. 

Baca Juga: Catat Manfaat Buah Sukun Untuk Kesehatan, Apa Saja?

Melansir dari Healthline, buah manggis menawarkan banyak manfaat kesehatan karena kaya akan nutrisi, serat, dan antioksidan unik.

Selain itu, berikut beberapa manfaat buah manggis untuk kesehatan:

Kaya Antioksidan

Buah manggis mengandung senyawa antioksidan yang kuat, seperti xanthones, flavonoid, dan tannin. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada berbagai penyakit, termasuk kanker dan penuaan dini.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah manggis juga mengandung vitamin C, yang dikenal sebagai booster sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit, serta mempercepat penyembuhan luka.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Aplikasi Editing Foto di Hp Terbaik Tahun 2024

Menyokong Kesehatan Jantung

Ekstrak buah manggis telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah dan kadar kolesterol yang lebih rendah. Kombinasi ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Antiinflamasi Alami

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah manggis memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan gejala penyakit inflamasi seperti arthritis.

Melindungi Kulit

Senyawa alami dalam buah manggis juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polusi.

Baca Juga: Ingin Punya Kulit Bersih dan Sehat? Hindari Konsumsi 4 Jenis Makanan Ini

Menurunkan Risiko Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa xanthones dalam buah manggis memiliki potensi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memahami dengan lebih baik mekanisme dan efektivitasnya.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah manggis mengandung serat yang dapat membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama. Ini dapat membantu dalam pengelolaan berat badan dengan mencegah makan berlebihan.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Buah manggis dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit karena kandungan seratnya yang tinggi.

Baca Juga: Cek Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Menurunkan Risiko Kanker, Ada 7 Khasiat Penting

Meningkatkan Kualitas Tidur

Ekstrak buah manggis telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi gangguan tidur. Kandungan kimia tertentu dalam buah ini dapat membantu meredakan kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur.

Ekstrak buah manggis telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi gangguan tidur. Kandungan kimia tertentu dalam buah ini dapat membantu meredakan kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Sales Mastery [Mau Omzet Anda Naik? Ikuti Ini!] Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×