kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.461.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.130   40,00   0,26%
  • IDX 7.697   -47,60   -0,61%
  • KOMPAS100 1.196   -13,16   -1,09%
  • LQ45 960   -10,60   -1,09%
  • ISSI 231   -1,75   -0,75%
  • IDX30 493   -3,97   -0,80%
  • IDXHIDIV20 592   -5,69   -0,95%
  • IDX80 136   -1,30   -0,95%
  • IDXV30 143   0,32   0,23%
  • IDXQ30 164   -1,28   -0,77%
SEHAT /

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Melancarkan Pencernaan, Ada 8 Khasiat


Kamis, 16 Mei 2024 / 12:09 WIB
Manfaat Belimbing Wuluh untuk Melancarkan Pencernaan, Ada 8 Khasiat
ILUSTRASI. Belimbing wuluh

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat belimbing wuluh untuk melancarkan pencernaan adalah salah satu khasiat yang menarik diketahui. Tak hanya itu, ada beragam manfaat belimbing wuluh lainnya yang bisa didapatkan jika diolah dan dikonsumsi dengan benar.

Belimbing wuluh, yang juga dikenal dengan nama "bilimbi" atau "belimbing buluh," adalah buah yang tumbuh di pohon berdaun hijau dari keluarga Averrhoa. 

Buah ini memiliki rasa yang asam dan sering digunakan dalam berbagai hidangan dan minuman. Selain sebagai bahan masakan, belimbing wuluh juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang signifikan.

Baca Juga: Catat 8 Cara Merawat Baterai Motor Listrik Agar Tahan Lama dan Tidak Cepat Rusak

Melansir dari WebMD, beberapa manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan tubuh:

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat dalam belimbing wuluh dapat membantu memperbaiki pencernaan. Serat membantu dalam memperlancar pergerakan usus dan mencegah sembelit. Selain itu, serat juga dapat membantu dalam mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol.

Kandungan Nutrisi yang Kaya

Belimbing wuluh mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B kompleks, fosfor, zat besi, serat, dan antioksidan. Kandungan nutrisi ini memberikan dukungan penting untuk sistem kekebalan tubuh dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: Manfaat Ubi Ungu Untuk Mengurangi Risiko Kanker, Ada 10 Khasiat Penting

Sumber Vitamin C

Belimbing wuluh adalah salah satu sumber vitamin C yang baik. Vitamin C adalah antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas, dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi vitamin C juga membantu tubuh dalam menyerap zat besi.

Antioksidan Alami

Belimbing wuluh mengandung antioksidan alami, seperti fenol dan flavonoid, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Dengan konsumsi antioksidan ini, risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung dapat berkurang.

Baca Juga: Manfaat Buah Pala Untuk Mengurangi Risiko Diabetes, Sudah Tahu?

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan serat dan antioksidan dalam belimbing wuluh dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Serat membantu dalam mengatur kolesterol darah, sementara antioksidan melindungi pembuluh darah dari kerusakan.

Antiinflamasi

Belimbing wuluh memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu dalam meredakan peradangan pada tubuh. Ini dapat bermanfaat bagi penderita arthritis atau kondisi peradangan lainnya.

Menurunkan Berat Badan

Serat dalam belimbing wuluh memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu dalam mengurangi nafsu makan. Ini bisa menjadi bantuan yang berguna dalam upaya menurunkan berat badan.

Baca Juga: Catat 6 Kelebihan Motor Listrik yang Penting Diketahui, Apa Saja?

Mendukung Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam belimbing wuluh baik untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu dalam menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit mata seperti rabun senja, dan memperbaiki penglihatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×