kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45868,75   13,97   1.63%
  • EMAS1.371.000 1,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
SEHAT /

Inilah Akibat Kebanyakan Makan Mie Instan Setiap Hari


Senin, 17 Juni 2024 / 05:40 WIB
Inilah Akibat Kebanyakan Makan Mie Instan Setiap Hari
ILUSTRASI. Inilah Akibat Kebanyakan Makan Mie Instan Setiap Hari

Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Akibat Kebanyakan Makan Mie Instan - Jakarta. Info penting untuk Anda yang suka makan mie instan setiap hari. Hentikan kebiasaan itu mulai dari sekarang karena ada bahaya jika terlalu sering dan kebanyakan makan mie instan.

Belakangan ini ada video viral tentang gangguan kesehatan akibat kebanyakan makan mie instan. Apa saja dampak negatif untuk kesehatan akibat kebanyakan makan mie instan?

Video viral akibat kebanyakan mie instan memperlihatkan pemuda 20 tahun yang menderita serangan jantung. Pemuda tersebut mengaku sering makan mie instan.

Video tersebut diunggah oleh akun X (Twitter) @recehtapisayang pada Selasa (2/1/2024). Video tersebut telah dilihat lebih dari jutaan kali.

Dalam video tersebut, tampak seseorang pemuda yang sedang ditanya mengenai kondisi medisnya. Pemuda tersebut mengaku memiliki kebiasaan sering makan mie instan yang akhirnya berdampak pada kesehatan jantungnya.

Lalu apa saja bahaya akibat kebanyakan makan mie instan?

Dilansir dari website resmi Dinas Kesehatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), ada banyak potensi bahaya akibat kebanyakan makan mie instan. Hal ini karena produksi mie instan menggunakan berbagai zat kimia, di antaranya pewarna kuning (tartrazine), natrium polifosfat (pengemulsi, penstabil dan pengental), food additive, dan MSG.

Kandungan-kandungan zat kimia bisa menimbulkan gangguan kesehatan jika setiap hari selalu dimasukkan ke dalam tubuh. Konsumsi mie instan setiap berarti bahwa ada penumpukan zat-zat kimia yang terkandung di dalam mie instan.

Baca Juga: Rasa Mie Instan Bikin Nagih! 5 Efek Samping Makan Mie Instan Terlalu Sering

Bahaya akibat kebanyakan makan mie instan

Berikut beberapa bahaya akibat kebanyakan makan mie instan:

  • Kerusakan hati

Bahaya akibat kebanyakan makan mie instan yang pertama adalah kerusakan hati. Mie Instan mengandung zat berbahaya salah satunya Proplene Glycol yang jelas merusakan dan menganggu kerja hati.

  • Gagal Ginjal.

Bahaya akibat kebanyakan makan mie instan yang kedua adalah gagal ginjal. Kandungan Proplene Glycol juga mengundang penyakit lain yaitu merusak kerja ginjal sebagai salah satu organ vital dalam tubuh kita. Penyakit ginjal tersebut berupa penyakit gagal ginjal.

  • Diabetes

Bahaya akibat kebanyakan makan mie instan yang ketiga adalah diabetes. Mie Instan mengandung banyak gula sehingga dapat menyebabkan penyakit Diabetes. Secara tidak langsung kandungan gula tersebut diserap secara baik oleh tubuh kita.

  • Meningkatkan kadar kolesterol

Bahaya akibat kebanyakan makan mie instan yang keempat adalah meningkatkan kolesterol. Mie Instan juga menjadi salah satu makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol karena kandungan garam yang tinggi.

  • Mengganggu hormon bagi wanita

Bahaya akibat kebanyakan makan mie instan yang kelima adalah menganggu hormon kewanitaan. Hal ini karena Sodium yang terkandung dalam Mie Instan dapat menyebabkan jadwal bulanan seperti menstruasi dapat terganggu hingga menimbulkan jerawat.

  • Menggangu hormon seks bagi pria

Bahaya akibat kebanyakan makan mie instan yang keenam adalah mengganggu hormon seks bagi pria. Mie Instan yang kaya kan zat kimia akan mengganggu hormon pria dalam hal seks di mana mereka tidak dapat mengontrol gairah seks mereka.

  • Memicu tekanan darah tinggi

Bahaya akibat kebanyakan makan mie instan yang ketujuh adalah memicu tekanan darah tinggi. Pada umumnya tekanan darah seseorang normalnya adalah 130/80. Tetapi Mie Instan akan menaikannya alias memicu tekanan darah tinggi terjadi karena zat kimia berbahaya di dalamnya yang tidak terlihat.

  • Menurunkan metabolisme

Bahaya akibat kebanyakan makan mie instan yang kedelapan adalah menurunkan metabolisme. Mie Instan hanya akan memberi sedikit energi dan menurunkan kembali metabolisme kita karena zat kimia tersebut.

  • Menghambat penyerapan nutrisi

Bahaya akibat kebanyakan makan mie instan yang kesembilan adalah menghambat penyerapan nutrisi. Mie Instan sangat tidak baik untuk pertumbuhan anak -anak. Hal ini dikarenakan Mie Instan menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuh anak -anak, khususnya yang masih berusia di bawah 6 tahun.

  • Menyebabkan kanker

Bahaya akibat kebanyakan makan mie instan yang ke-10 adalah menyebabkan kanker. Mie Instan menjadi salah satu jalan penyakit kanker di dalam tubuh. Dengan segumpal aneka ragam zat kimia yang ditambahkan dengan bahan berbahaya lain salah satunya Mie Instan yang di dalam Styrofoam, kanker dapat saja dengan senang hati menghampiri. Stryfoam yang diberi air panas sangat tidak baik karena menambah zat kimia berbahaya di dalam Mie Instan.

  • Keguguran bagi wanita hamil

Bahaya akibat kebanyakan makan mie instan yang ke-11 adalah menyebabkan keguguran. Bagi para wanita yang sedang hamil, hindarilah makan Mie Instan. Zat kimia dalam Mie Instan juga pengawet yang kuat dapat menyebabkan keguguran. Jangan sampai sesuatu yang sudah dinantikan anda sejak lama harus hilang karena Mie Instan.

  • Memicu penyakit Stroke

Bahaya akibat kebanyakan makan mie instan yang ke-12 adalah memicu penyakit stroke. Hal ini karena mie Instan dapat menganggu kelancaran aliran darah.

  • Mengganggu pencernaan

Bahaya akibat kebanyakan makan mie instan yang ke-13 adalah mengganggu pencernaan. Pencernaan yang baik memerlukan bantuan nutrisi dan mineral yang banyak. Maka dari itu tidak sedikit yang gemar mengkonsumsi Mie Instan mengalami sembelit atau susah buang air besar. Bahkan dapat menyebabkan lambung dan usus bocor.

  • Memicu sakit kepala

Bahaya akibat kebanyakan makan mie instan yang ke-14 adalah memicu sakit kepala. Mie Instan mengandung kadar MSG yang sangat banyak. MSG sangat tidak baik untuk tubuh maupun otak kita. Mengkonsumsi MSG dapat memberi efek ringan hingga serius. Sederhananya adalah sakit kepala. MSG dapat memicu timbulnya sakit kepala karena tubuh yang tidak menerima zat berbahaya ini.

  • Menganggu sistem pernafasan

Bahaya akibat kebanyakan makan mie instan yang ke-15 adalah mengganggu sistem pernafasan. Kandungan MSG dalam Mie Instan juga dapat menganggu pernafasan kita. Gejalanya yang paling utama adalah membuat kita sulit bernafas dan merasa sesak di dada. Bila memang sudah merasakan ini segera jauhi Mie Instan.

  • Membuat wajah bengkak

Bahaya akibat kebanyakan makan mie instan yang ke-16 adalah membuah wajah bengkak. Kandungan MSG dalam mie instan juga dapat membuat wajah merah-merah hingga bengkak. Tidak banyak yang menyadari hal ini karena biasanya tidak berlangsung lama hanya saat ketika MSG tersebut terserap dalam tubuh.

  • Penyakit jantung

Bahaya akibat kebanyakan makan mie instan yang ke-17 adalah menyebabkan penyakit jantung. Mie Instan juga termasuk dalam junk food atau makanan yang miskin vitamin. Mengkonsumsi Mie Instan terlalu sering dapat memicu penyakit jantung. Hal ini dikarenakan Cardionmetabolic Syndrome.

  • Membuat perut buncit dan kantung mata

Bahaya akibat kebanyakan makan mie instan yang ke-18 adalah menyebabkan perut buncit dan kantung mata. Kandungan garam yang sangat melimpah dalam Mie Instan secara tidak langsung membuat perut menjadi buncit dan menambah kantung mata. Mengkonsumsi garam yang banyak memang dapat membuat kedua hal tersebut tidak hanya dalam Mie Instan saja.

  • Obesitas

Bahaya akibat kebanyakan makan mie instan yang ke-19 adalah menyebabkan obesitas. Mie Instan jika dikonsumsi memberi efek mengenyangkan. Namun setelah itu dalam beberapa jam kemudian kita akan kembali merasa lapar. Padahal kalori dan karbohidrat di dalam Mie Instan sudah banyak. Hal ini cenderung membuat kita makan beberapa kali lipat. Apa lagi tidak sedikit yang menyandingkan Mie Instan dengan nasi.

Itulah berbagai bahaya akibat kebanyakan makan mie instan. Makan mie instan boleh-boleh saja, asal jangan setiap hari.

Selanjutnya: Cara tarik tunai tanpa kartu di ATM BCA, BNI, BRI, Mandiri, CIMB, Permata

Menarik Dibaca: Katalog Promo Alfamart Spesial Idul Adha Periode 17 Juni 2024, Hanya Sehari!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×