kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.419.000   -8.000   -0,56%
  • USD/IDR 16.195
  • IDX 7.294   -26,58   -0,36%
  • KOMPAS100 1.142   -7,10   -0,62%
  • LQ45 920   -3,25   -0,35%
  • ISSI 218   -1,41   -0,64%
  • IDX30 460   -1,72   -0,37%
  • IDXHIDIV20 554   -0,98   -0,18%
  • IDX80 128   -0,53   -0,41%
  • IDXV30 130   0,41   0,32%
  • IDXQ30 155   -0,33   -0,21%
SEHAT /

Harga Bervariasi, Ini Cara Menggunakan Alat Cek Gula Darah Untuk Diabetes


Minggu, 07 Juli 2024 / 21:50 WIB
Harga Bervariasi, Ini Cara Menggunakan Alat Cek Gula Darah Untuk Diabetes
ILUSTRASI. Harga Bervariasi, Ini Cara Menggunakan Alat Cek Gula Darah Untuk Diabetes

Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Cara Menggunakan Alat Cek Gula Darah - Jakarta. Ternyata, harga alat cek gula darah cukup terjangkau. Namun bagaimana cara menggunakan alat cek gula darah?

Untuk Anda yang berisiko terkena diabetes, penting untuk rutin cek gula darah. Hal itu untuk mengontrol perkembangan kadar gula darah dalam tubuh.

Cek gula darah dapat dilakukan di klinik kesehatan, puskesmas, layanan posyandu hingga apotek. Bahkan, cek gula darah juga dapat dilakukan sendiri di rumah.

Pasalnya, saat ini banyak alat cek gula darah yang dijual bebas di pasar. Berapa harga alat cek gula darah?

Baca Juga: Merontokkan Kolesterol dan Gula Darah, Ini Manfaat Kesemek yang Kaya Vitamin

Alat cek gula darah bisa dibeli di apotik maupun secara online. Harga alat cek gula darah pun beragam, mulai dari ratusan ribu rupiah.

Selain harga murah, alat cek gula darah juga ini bisa digunakan sendiri. Namun, Anda harus konsultasi dahulu dengan ahli kesehatan untuk menggunakan alat cek gula darah tersebut.

Salah satu alat cek gula darah adalah Autocheck multi monitoring system. Mengutip website Apotek K24, Autocheck multi monitoring system adalah alat tes yang digunakan dalam membantu memonitoring kadar gula dalam darah, kolesterol, dan asam urat yang digunakan bersama dengan strip autocheck.

Alat cek gula darah Autocheck multi monitoring system mampu memberikan hasil dengan cepat untuk pemeriksaan gula darah selama 5 detik, pemeriksaan asam urat 15 detik, dan pemeriksaan kolesterol selama 26 detik.

Alat cek gula darah Autocheck multi monitoring system hanya memerlukan sampel darah yang sedikit, dengan hasil yang diberikan akurat. Autocheck multi monitoring system hadir dalam tampilan layar yang besar sehingga memudahkan dalam pembacaan.

Apotek K24 menetapkan harga alat cek gula darah Autocheck Rp 361.340 per unit.

Di e-commerce Blibli.com, salah satu alat cek gula darah yang dijual untuk umum adalah Easy Touch GCHb. Easy Touch GCHb adalah alat test darah multi paramater yang dapat digunakan untuk mengecek gula/glukosa darah, kolesterol total, dan hemoglobin.

Alat tes darah ini mudah dan praktis untuk digunakan karena hanya menggunakan 1 alat untuk melakukan 3 jenis pengukuran. Alat tes darah ini menampilkan hasil pengukuran dalam waktu yang singkat, 10 detik (glukosa), 6 detik (hemoglobin) dan 15 detik (cholesterol).

Di Blibli.com, harga alat cek gula darah Easy Touch GCHb Rp 239.000 per unit.

Cara menggunakan alat cek gula darah

Pada dasarnya, alat cek gula darah sebaiknya digunakan oleh tenaga medis yang berpengalaman. Namun, saat ini sudah banyak alat cek gula darah yang bisa dimiliki dan digunakan oleh perorangan.

Meski demikian, sebaiknya Anda perlu bimbingan tenaga medis untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan alat cek gula darah. Pasalnya dalam penggunaan alat cek gula darah, Anda harus mengambil sampel darah melalui menusuk jari.

Bimbingan tim medis penting untuk mengetahui cara yang benar mengambil sampel darah. Dengan demikian, Anda bisa meminimalkan hal-hal yang tidak terduga.

Dilansir dari website Eka Hospital, sebelum mengetahui cara menggunakan alat cek gula darah, Anda perlu memahami hal-hal yang diperlukan untuk cek darah.

Berikut hal-hal yang dibutuhkan untuk cek darah:

  • Meteran tes darah
  • Alat tusukan jari
  • Beberapa strip tes
  • Lancet (jarum yang sangat pendek dan halus)
  • Tempat sampah benda tajam untuk membuang jarum dengan aman.

Selanjutnya, berikut cara menggunakan alat cek gula darah:

  1. Cuci tangan dengan sabun dan air hangat, jangan gunakan tisu basah karena gliserin di dalamnya dapat memengaruhi hasil tes. Pastikan tangan tetap hangat agar darah lebih mudah keluar dan tidak terlalu sakit.
  2. Ambil strip uji dan masukkan ke meteran untuk menyalakannya. Beberapa meteran akan memiliki strip tes yang sudah terpasang.
  3. Lepas penutup dari alat tusukan jari dan masukkan lancet baru. Kemudian pasang kembali tutupnya dan atur perangkat dengan menarik atau mengklik pendorong.
  4. Pilih jari mana yang akan ditusuk tetapi hindari ibu jari atau jari telunjuk. Dan jangan menusuk bagian tengahnya. Tempatkan perangkat di sisi jari dan tekan plunger. Gunakan jari dan area yang berbeda setiap kali memeriksa.
  5. Ambil meteran dengan strip tes dan tahan terhadap tetesan darah. Ini akan memberitahu Anda jika strip tes terisi, biasanya dengan bunyi ‘bip’.
  6. Sebelum melihat hasil, periksa jari. Gunakan tisu untuk menghentikan pendarahan lalu gunakan untuk mengeluarkan lancet dan buang ke tempat sampah khusus.
  7. Meteran mungkin sudah menunjukkan hasilnya, catatlah.
  8. Anda juga dapat menggunakan tisu yang sama untuk mengeluarkan strip tes dan membuangnya juga. Mengambil strip biasanya akan mematikan meteran.

Itulah cara menggunakan alat cek gula darah dan contoh harga di toko online. Mari menjalankan pola hidup sehat untuk mencegah diabetes.

Baca Juga: Nilai Normal Gula Darah Sewaktu, Jauhi Makanan Pantangan Gula Darah Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

×