kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45896,66   8,93   1.01%
  • EMAS1.363.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
SEHAT /

Cukup 5.000 Langkah Sehari, Angka Ajaib untuk Tetap Bugar dan Sehat


Minggu, 30 Juni 2024 / 03:35 WIB
Cukup 5.000 Langkah Sehari, Angka Ajaib untuk Tetap Bugar dan Sehat
ILUSTRASI. Sebuah penelitian baru menunjukkan kurang dari 5.000 langkah sehari mungkin sudah cukup untuk menyehatkan tubuh.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

MANFAAT JALAN KAKI - Salah satu olahraga yang tidak mengeluarkan biaya sama sekali adalah jalan kaki. Selain mudah dilakukan, jalan kaki memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Sebelumnya, beredar rumor bahwa 10.000 langkah sehari adalah angka ajaib yang dibutuhkan seseorang untuk tetap bugar dan sehat. 

Akan tetapi, sebuah penelitian baru menunjukkan kurang dari 5.000 langkah sehari mungkin sudah cukup untuk menyehatkan tubuh.

Mengutip BBC, analisis terhadap lebih dari 226.000 orang di seluruh dunia menunjukkan bahwa 4.000 langkah sehari sudah cukup untuk mulai mengurangi risiko kematian dini karena sebab apa pun.

Lebih dari 2.300 langkah per hari sudah cukup untuk memberikan manfaat bagi jantung dan pembuluh darah.

Menurut para peneliti, semakin banyak seseorang melangkah setiap hari, semakin banyak manfaat kesehatan yang terlihat.

Setiap tambahan 1.000 langkah di luar 4.000 langkah mengurangi risiko kematian dini sebesar 15%.

Tim dari Medical University of Lodz di Polandia dan Johns Hopkins University School of Medicine di AS menemukan bahwa manfaat jalan kaki berlaku untuk orang-orang dari segala usia, tanpa memandang di mana mereka tinggal.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Metabolisme untuk Orang Berusia 30 Tahunan dan 40 Tahunan
 
Namun, manfaat terbesar terlihat pada kelompok usia di bawah 60 tahun.

Prof Maciej Banach, dari Universitas Lodz, mengatakan meskipun jumlah obat canggih untuk pengobatan terus meningkat, obat-obatan tersebut bukanlah satu-satunya jawaban.

“Saya percaya kita harus selalu menekankan bahwa perubahan gaya hidup, termasuk pola makan dan olahraga, yang merupakan pahlawan utama analisis kami, mungkin setidaknya sama efektifnya dalam mengurangi risiko kardiovaskular dan memperpanjang hidup,” katanya.

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia, aktivitas fisik yang tidak memadai menyebabkan 3,2 juta kematian setiap tahunnya – penyebab kematian terbanyak keempat di seluruh dunia.

Honey Fine, pelatih pribadi dan instruktur untuk perusahaan kebugaran global Barry's, menekankan masalah yang timbul karena terlalu banyak duduk.

“Ini dapat memperlambat metabolisme dan mempengaruhi pertumbuhan dan kekuatan otot, yang dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri,” katanya kepada BBC.

Baca Juga: 8 Cara Alami Menghilangkan Bau Kaki

Dia menambahkan, “Duduk terlalu lama juga dapat menyebabkan berbagai macam masalah punggung. Kami sering menemukan hal ini terjadi pada orang-orang dengan pekerjaan kantoran, dimana punggung mereka terus-menerus berada dalam posisi tertekan yang menyebabkan lebih banyak masalah di kemudian hari.”

Dia menjelaskan pentingnya termogenesis aktivitas non-olahraga - juga dikenal sebagai Neat, yang secara sederhana adalah segala sesuatu yang kita lakukan menggunakan energi dan membakar kalori.

“Tugas seperti berdiri, membawa belanjaan, mencuci lantai, membersihkan debu, mondar-mandir sambil berbicara di telepon – semua hal kecil yang membuat kita lebih aktif membantu kita membakar kalori dengan lebih efisien,” katanya.

Fine mengatakan meskipun berjalan-jalan secara teratur menjadi ide yang menakutkan, manfaatnya sangat besar bagi kesehatan Anda.

“Berjalan kaki dapat menurunkan tekanan darah, memperkuat otot untuk melindungi tulang, meningkatkan tingkat energi serta memberi Anda endorfin dan dapat membantu Anda menjaga berat badan yang sehat di samping pola makan yang sehat,” katanya.

Baca Juga: Penyebab Kaki Bengkak saat Hamil dan Cara Tepat Mengatasinya

Manfaat lainnya termasuk meningkatkan kesehatan mental Anda dan menjauhkan diri dari layar kaca serta gangguan lainnya.

Jalan kaki cocok untuk "hampir semua orang" karena dampaknya rendah dan ringan pada persendian dan otot, tambahnya.

Kiat Agar Tetap Semangat Jalan Kaki Setiap Hari

Mengutip Healthline, berikut berbagai tip yang dapat membantu meningkatkan semangat Anda untuk berjalan kaki setiap hari:

1. Menghitung langkah Anda: Gunakan aplikasi atau penghitung langkah untuk melihat kemajuan Anda.

2. Bangunlah dengan berjalan kaki setiap hari. 

3. Berjalan kaki selama 30-60 menit setiap hari dapat meningkatkan jumlah langkah Anda secara signifikan.

4. Jalan kaki singkat selama 10 menit sehari sebanyak tiga kali agar totalnya menjadi 30 menit.

5. Bicaralah secara langsung. Daripada mengirim pesan kepada rekan kerja, bangunlah dan berjalanlah ke meja mereka.

6. Pergi ke arah yang salah. Gunakan kamar mandi yang jauh dari kantor Anda untuk menambah jumlah langkah  Anda.

7. Berusaha lebih jauh. Pilih untuk berjalan sedikit lebih jauh, misalnya dengan meninggalkan mobil Anda di tempat parkir terjauh.

8. Berjalan dan berbicara. Terima panggilan telepon Anda di tempat di mana Anda dapat berjalan-jalan sambil berbicara. Libatkan juga rekan kerja dalam rapat saat berjalan kaki.

9. Berjalanlah saat anak melakukan aktivitas. Jika Anda harus menunggu saat anak melakukan suatu aktivitas, berjalan-jalanlah daripada duduk dan menonton atau menunggu.

10. Berjalan-jalan dengan anjing: Jika Anda tidak memilikinya, tetangga mungkin akan menghargai tawaran tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×