kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%
SEHAT /

Cara Menurunkan Hipertensi dengan Olahraga, Cek Obat Darah Ttinggi Alami


Selasa, 23 Juli 2024 / 05:00 WIB
Cara Menurunkan Hipertensi dengan Olahraga, Cek Obat Darah Ttinggi Alami
ILUSTRASI. Cara Menurunkan Hipertensi dengan Olahraga, Cek Obat Darah Ttinggi Alami

Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Obat Darah Tinggi - KONTAN.CO.ID - Penderita darah tinggi harus minum obat anti hipertensi untuk menjaga tekanan darah. Selain itu, sejumlah olahraga juga bisa dipilih sebagai cara menurunkan darah tinggi.

Cara menurunkan darah tinggi ini penting dikenali sejak dini. Terlambat di atasi, darah tinggi akan menimbulkan berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung, stroke, hipertensi dll.

Dilansir dari Kompas.com, berikut pilihan olahraga untuk menurunkan darah tinggi:

1. Jalan kaki

Olahraga untuk menurunkan darah tinggi yang pertama adalah jalan kaki. Jalan kaki mudah dilakukan karena tidak membutuhkan peralatan khusus dan bisa dilakukan sesuai kemampuan tubuh. Bagi mereka yang baru mulai jalan kaki, bisa dicoba dengan berjalan kaki 5 menit, lalu tambahkan durasinya setiap hari.

Dilansir Medicine.Net,manfaat berjalan kaki di antaranya:

  • Risiko masuk rumah sakit karena alasan apapun 11 persen lebih rendah.
  • Risiko masuk rumah sakit akibat penyakit jantung 10 persen lebih rendah.
  • Risiko menerima obat resep untuk penyakit jantung 10 persen lebih rendah.
  • Risiko diberi resep obat untuk masalah kesehatan mental 7 persen lebih rendah

2. Bersepeda

Olahraga untuk menurunkan darah tinggi yang kedua adalah bersepeda. Bersepeda bisa dimulai dengan sepeda santai berkecepatan rendah atau sepeda statis yang bisa diatur kecepatannya.

Bersepeda mengaktifkan otot kaki, yang menyebabkan pembuluh darah di kaki melebar dan memungkinkan lebih banyak aliran darah. Seperti ditulis Medicine Net, peneliti menemukan bahwa orang yang bersepeda saat berangkat kerja memiliki risiko kematian dini 47 persen lebih rendah.

Hasil penelitian juga menunjukkan, mereka yang bersepeda ke kantor juga berisiko lebih kecil terkena penyakit jantung, kanker, dan masalah kesehatan mental.

3. Berenang

Olahraga untuk menurunkan darah tinggi yang ketiga adalah berenang. Berenang adalah salah satu contoh olahraga yang melibatkan beberapa kelompok otot. Berenang bukan hanya dapat meningkatkan detak jantung, tetapi juga menguatkan dan mengencangkan otot-otot di lengan, kaki, dan inti.

Berenang adalah pilihan latihan yang bagus bagi orang yang memiliki masalah sendi atau kondisi kesehatan lain.

4. Tinju

Olahraga untuk menurunkan darah tinggi yang keempat adalah tinju. Olahraga ini melibatkan seluruh tubuh, bukan hanya kaki tetapi lengan dan jantung yang memompa darah ke seluruh tubuh. Secara umum, latihan yang melibatkan seluruh tubuh sangat baik karena membuka pembuluh darah yang mengarah pada efek penurunan tekanan darah (hipotensi) yang lebih signifikan.

5.Yoga

Olahraga untuk menurunkan darah tinggi yang kelima adalah yoga. Yoga dapat meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan kontrol tubuh secara keseluruhan. Sebuah tinjauan tahun 2019 menemukan bahwa orang yang melakukan yoga 5 kali seminggu mengalami penurunan tekanan darah yang signifikan setelah program selama 13 minggu.

Cara menurunkan darah tinggi dengan olahraga ini harus dilakukan secara rutin. Mengutip dari Afpafitness.com, usahakan untuk olahraga minimal lima hingga 10 menit dalam sehari.

Obat alami darah tinggi

Diberitakan Kontan.co.id, berikut bahan-bahan alami di yang bisa dimanfaatkan sebagai obat darah tinggi untuk mengatasi hipertensi:

Oatmeal

Bagi penderita hipertensi, cobalah untuk mengonsumsi oatmeal secara rutin. Jenis makanan itu mengandung banyak serat serta sedikit lemak dan sodium sehingga cocok dimasukkan dalam menu makanan sehari-hari.

Cobalah untuk mengkombinasikannya dengan sayur atau buah kesukaan Anda.

Baca Juga: 6 Makanan dan minuman yang baik dikonsumsi para penderita darah rendah

Cokelat hitam

Obat darah tinggi selanjutnya yang perlu Anda coba adalah cokelat hitam atau dark chocolate. Flavonoid dalam cokelat hitam berpengaruh baik untuk kesehatan jantung.

Namun, pastikan untuk mengonsumsinya tanpa pemanis buatan, ya.

Teh

Mengonsumsi teh bisa jadi cara menurunkan tekanan darah tinggi yang cukup efektif. Melansir Afpafitness.com, minum satu hingga dua gelas teh selama 12 hari dapat menurunkan tekanan darah Anda.

Apalagi, jika Anda memilih hibiscus tea karena jenis teh itu mengandung lebih banyak flavonoid.

Jahe

Jenis bahan alami yang bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah adalah jahe. Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah.

Pertama-tama, potong jahe menjadi beberapa bagian lalu rebus hingga mendidih. Minum air rebusan jahe yang sudah didinginkan secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

Kedelai

Siapa yang suka kedelai? Ternyata jenis kacang itu cocok dijadikan obat darah tinggi alami, lo. Isoflavon dalam kedelai mampu meningkatkan produksi enzim yang dapat melebarkan pembuluh darah. Hasilnya, tekanan darah menjadi lebih terkontrol.

Anda bisa mengolah kacang kedelai menjadi berbagai macam hidangan, salah satunya adalah membuatnya dalam bentuk salad. Hidangan apapun yang ingin Anda buat, pastikan untuk mengolahnya dengan cara yang benar supaya manfaatnya tidak hilang.

Baca Juga: Jumlah Detak Jantung Normal Menurut Umur, Waspadai Ciri-Ciri Penyakit Jantung

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×