kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.440.000   -4.000   -0,28%
  • USD/IDR 15.365   3,00   0,02%
  • IDX 7.844   12,43   0,16%
  • KOMPAS100 1.195   2,13   0,18%
  • LQ45 969   1,83   0,19%
  • ISSI 228   0,38   0,17%
  • IDX30 494   0,48   0,10%
  • IDXHIDIV20 595   1,03   0,17%
  • IDX80 136   0,29   0,21%
  • IDXV30 140   0,31   0,22%
  • IDXQ30 165   0,51   0,31%
SEHAT /

Beda Gondokan & Gondongan, Cek Cara Mengatasi Gondongan Pada Anak


Minggu, 02 Juni 2024 / 07:20 WIB
Beda Gondokan & Gondongan, Cek Cara Mengatasi Gondongan Pada Anak
ILUSTRASI. Beda Gondokan & Gondongan, Cek Cara Mengatasi Gondongan Pada Anak

Reporter: Adi Wikanto, Tim KONTAN | Editor: Adi Wikanto

Cara Mengatasi Gondongan Pada Anak - Jakarta. Kenali perbedaan gondokan dengan gondongan. Lalu bagaimana mengatasi gondongan pada anak?

Gondokan dan gondongan adalah penyakit yang berbeda. Namun tak jarang, beberapa orang menganggap gondongan dan gondokan adalah sama.

Diberitakan Kompas.com, dokter spesialis penyakit dalam konsultan endokrin metabolik dan diabetes Dr. dr. Wismandari Wisnu, Sp.PD-KEMD menjelaskan beda gondok dan gondongan. Menurut dokter Wismandari, gondongan atau parotitis terjadi ketika kelenjar parotis, kelenjar yang memproduksi air liur terinfeksi oleh virus sehingga terjadi peradangan dan mengakibatkan pembengkakan pada bagian pipi dan rahang.

Pembengkakan tersebut biasanya terasa nyeri dan panas akibat proses peradangan. Gejala gondongan lainnya berupa demam, lemas, sakit kepala, dan nyeri pada telinga yang bertambah parah saat mengunyah atau berbicara.

Sementara itu, sakit gondok terjadi akibat pembengkakan kelenjar tiroid, kelenjar yang memproduksi hormon-hormon untuk keperluan metabolisme. Ia mengatakan bahwa kelenjar tiroid ada di bagian depan leher dengan dua lobus di sebelah kanan dan kiri tenggorokan.

Penyebab sakit gondok atau pembengkakan kelenjar tiroid yaitu karena infeksi bakteri, penyakit autoimun, atau terapi radiasi. "Sakit tiroid atau gondok itu biasanya ada beberapa jenisnya, yang bisa dilihat dari fungsinya yang sakit atau bentuknya yang sakit," kata Wismandari dikutip dari Antara, Selasa (28/5/2024).

Sakit gondok bisa mengakibatkan penurunan atau kenaikan berat badan, gangguan tidur, dan benjolan pada area leher. Dokter yang berpraktik di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta itu menjelaskan soal penanganan masalah kelenjar tiroid.

Menurut Wismandari, biasanya diperlukan obat pengganti hormon tiroid pada pasien dengan kondisi hipotiroid dan obat penurun produksi hormon tiroid bisa diberikan kepada pasien dengan kondisi hipertiroid. Selain itu, dokter Wismandari mengatakan, penghancuran sel-sel tiroid, operasi, dan terapi iodium radioaktif juga bisa menjadi opsi dalam menangani gangguan pada kelenjar tiroid.

Baca Juga: Banyak Anak-Anak Kena, Apa Penyebab Gondongan Di Leher? Cek Cara Menyembuhkannya

Cara mengatasi gondongan pada anak 

Melansir dari Web MD, ada beberapa cara mengatasi gondongan pada anak dengan cepat setelah Anda periksa ke dokter. Berikut cara mengatasi gondongan pada anak dengan cepat: 

1. Banyak beristirahat

Cara mengatasi gondongan pada anak dengan cepat yang pertama adalah banyak istrirahat. Istirahat dapat membuat sistem kekebalan tubuh cepat pulih.

Selain itu, hindarilah terlalu banyak berbicara, agar rahang Anda juga dapat beristirahat dengan cukup. 

2. Mengompres menggunakan kompres es

Cara mengatasi gondongan pada anak dengan cepat yang kedua adalah mengompres menggunakan kompres es. Kompres es batu dapat digunakan sebagai obat gondongan di rumah.

Kompres mampu mengurangi nyeri pembengkakan. Ini merupakan cara yang sangat baik untuk meredakan peradangan akibat gondongan. 

3. Mengoleskan gel lidah buaya

Cara mengatasi gondongan pada anak dengan cepat yang ketiga adalah mengoleskan gel lidah buaya. Obat gondongan alami salah satunya adalah gel lidah buaya.

Oleskan gel lidah buaya secara perlahan pada gondongan anak. Sifat antiinflamasi lidah buaya dapat meringankan rasa sakit, pembengkakan, dan peradangan. 

4. Meminum banyak cairan

Cara mengatasi gondongan pada anak dengan cepat yang keempat adalah minum banyak cairan. Anda harus minum banyak cairan untuk menghindari dehidrasi akibat demam.

Perbanyaklah minum air putih agar tubuh selalu terhidrasi. Obat gondongan alami ini juga memungkinkan Anda segera sembuh. 

5. Mengonsumsi obat penghilang rasa sakit

Cara mengatasi gondongan pada anak dengan cepat yang terakhir adalah mengonsumsi obat penghilang nyeri atau rasa sakit seperti ibuprofen dan paracetamol.

Untuk pengobatan anak, pastikan anak tidak mengonsumsi obat yang direkomendasikan untuk orang dewasa. 

Mengatasi penyakit gondongan membutuhkan waktu beberapa minggu. Tidak ada salahnya lakukan pencegahan terhadap penyakit ini dengan memberikan vaksinasi MMR pada anak-anak. 

Selain itu, menjaga kebersihan tangan dan lingkungan menjadi cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit gondongan.  

Itulah perbedaan gondokan dan gondongan serta cara mengatasi gondongan dengan cepat yang bisa Anda lakukan. Hubungi dokter jika sakit tak kunjung sembuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

×