kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
SEHAT /

Bahaya Asam Urat, Waspadai Ciri-Ciri Asam Urat Di Usia Muda Berikut


Jumat, 24 Mei 2024 / 14:20 WIB
Bahaya Asam Urat, Waspadai Ciri-Ciri Asam Urat Di Usia Muda Berikut
ILUSTRASI. asam urat di usia muda

Sumber: Kementerian Kesehatan RI,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Ciri-Ciri Asam Urat Di Usia Muda - Jakarta. Asam urat tinggi bisa menimbulkan masalah kesehatan yang pelik bagi sejumlah orang. Kenali ciri-ciri asam urat di usia muda.

Ciri-ciri asam urat di usia muda penting untuk dikenali saat ini. Pasalnya, keluhan asam urat tinggi bukan hanya terjadi pada orang tua.

Banyak anak muda sudah mengeluhkan asam urat tinggi akibat pola makan yang salah. Mengenali asam urat di usia muda akan mempermudah mengatasi penyakit ini sebelum ke tingkat parah.

Pasalnya, asam urat yang dibiarkan akan menimbulkan gangguan kesehatan yang serius.

Dilansir dari website Kementerian Kesehatan, penyakit asam urat disebut juga gout. Asam urat adalah salah satu jenis penyakit peradangan pada sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada banyak sendi, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di ibu jari kaki.

Normalnya, kadar atau standar asam urat laki-laki antara 3,4 – 7,0 mg/dL. Sedangkan angka asam urat normal pada perempuan antara 2,4 – 6,0 mg/dL. Kemudian, standar asam urat pada anak-anak 2,0 – 5,5 mg/dL

Bahaya asam urat tinggi

Dilansir dari Kompas.com, Asam urat tinggi mengakibatkan serangan gout atau penyakit asam urat pada persendian yang memicu nyeri dan peradangan. Risiko lain yang timbul akibat asam urat tinggi yaitu terjadinya penyumbatan pada saluran kencing akibat batu ginjal dan kerusakan ginjal.

Dilansir dari Mayo Clinic, asam urat tinggi mengakibatkan timbulnya kristal asam urat di persendian dan akhirnya memicu serangan gout. Serangan asam urat umumnya terjadi di jempol kaki, tetapi juga dapat menyerang persendian lain, termasuk tumit, pergelangan kaki, lutut, paha, pergelangan tangan, dan jari tangan.

Gejala serangan asam urat, yaitu nyeri intens dalam 12-24 jam, pembengkakan pada persendian, sendi terasa hangat dan lembut ketika disentuh, kulit di persendian tampak kemerahan, dan berkurangnya rentang gerak. Keluhan akibat serangan asam urat perlu diatasi dengan mengompres sendi yang sakit, minum pereda nyeri atau obat lain sesuai anjuran dokter, konsumsi makanan tinggi vitamin C, dan menghindari makanan tinggi purin.

Jika serangan asam urat tidak diatasi, seseorang mungkin akan kesulitan menggerakkan sendinya. Kristal asam urat yang membengkak juga bisa mengakibatkan timbulnya benjolan yang disebut tophi. Serangan asam urat yang berulang juga dapat menimbulkan kerusakan sendi permanen dan kecacatan.

Adapun bahaya lain akibat asam urat tinggi yaitu timbulnya batu ginjal. Kondisi tersebut terjadi apabila kristal asam urat menumpuk di area ginjal.

Dikutip dari Yankes Kemkes, batu ginjal dapat menyumbat saluran kencing dan memicu kerusakan ginjal yang permanen. Selain itu, menurut penelitian terkini, kadar asam urat yang tinggi juga meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, serta dengan penyakit-penyakit metabolik lain seperti kolesterol dan obesitas.

Meskipun demikian, tidak semua peningkatan kadar asam urat serum menimbulkan penyakit gout pada persendian maupun ginjal. Hal ini ni dikenal sebagai hiperurisemia asipmtomatik atau asam urat tanpa gejala.

Biasanya, orang dengan kondisi ini belum memerlukan terapi atau pengobatan. Dokter biasanya menganjurkan untuk membatasi makanan tinggi purin, seperti daging merah, jeroan, dan makanan manis, serta gaya hidup sehat lainnya untuk menurunkan asam urat tinggi dan mencegah serangan gout.

Baca Juga: 9 Buah yang Dapat Obati Asam Urat, Terhindar dari Nyeri Sendi

Ciri-ciri asam urat di usia muda

Dilansir dari Kompas.com, penyakit asam urat atau gout adalah radang sendi yang umum menyerang lanjut usia atau lansia, sekitar 60 tahun ke atas. Dikutip dari laman WebMD, penyakit ini akan meningkat seiring bertambahnya usia, dengan puncak pada umur 75 tahun. Kendati begitu, asam urat juga bisa menyerang orang lebih muda, termasuk dewasa, remaja, bahkan anak-anak.

.Penyakit asam urat terjadi karena penumpukan kristal asam urat di persendian, sehingga memicu rasa nyeri, bengkak, dan kemerahan. Kristal asam urat sendiri terbentuk berkat kadar zat ini yang terlalu tinggi di dalam darah atau kerap disebut hiperurisemia.

Berdasarkan ulasan pada 2020, penyakit asam urat telah menyerang 696.277 orang muda antara usia 0-18 tahun di Jepang. Dari angka tersebut, sejumlah 48 orang atau sekitar 0,007 persen merupakan pasien yang masih anak-anak.

Bukan hanya itu, dilansir dari Medical News Today, sebuah penelitian turut menyampaikan bahwa asam urat dapat terjadi saat manusia baru lahir. Namun, masalah kesehatan ini menjadi penyakit yang lebih umum terjadi seiring bertambahnya usia.

Ciri-ciri asam urat yang menyerang persendian usia muda, termasuk:

1. Rasa sakit atau nyeri amat parah

Ciri-ciri asam urat di usia muda yang pertama adalah rasa sakit atau nyeri. Baik muda maupun tua, penyakit asam urat biasanya terjadi di bagian jempol kaki. Kendati begitu, asam urat dapat menyerang dan berpengaruh terhadap bagian sendi lain. Rasa sakit paling parah yang dirasakan bisa berlangsung selama 4-12 jam pertama setelah serangan asam urat pertama mulai.

2. Pembengkakan

Ciri-ciri asam urat di usia muda yang kedua adalah adanya pembengkakan. Dilansir dari Mayo Clinic, sendi yang terkena asam urat akan menjadi bengkak atau lebih besar dari ukuran sebelumnya.

3. Kemerahan

Ciri-ciri asam urat di usia muda yang ketiga adalah kulit memerah. Bukan hanya bengkak, sendi atau area persendian juga akan menjadi kemerahan dan terasa lunak saat disentuh.

4. Hangat atau panas

Ciri-ciri asam urat di usia muda yang keempat adalah sendi terasa hangat atau panas. Bagian sendi yang terserang asam urat juga akan terasa panas atau lebih hangat dibandingkan saat dalam kondisi normal.

5. Terasa kaku dan sulit bergerak

Ciri-ciri asam urat di usia muda yang kelima adalah seni terasa kaku dan sulit bergerak. Saat penyakit asam urat menyerang, penderita di usia muda kemungkinan tidak dapat menggerakkan persendian secara normal.

Itulah bahaya dan ciri-ciri asam urat di usia muda yang perlu dikenali. Mari jaga pola makan agar asam urat tetap normal.

 

Selanjutnya: Asik! Promo Pay 1 For 2 Minuman Dari Dunkin Donuts untuk Pengguna BCA

Menarik Dibaca: Promo Alfamart Paling Murah Sejagat 24-31 Mei 2024, Sabun Pond's Diskon s/d Rp 17.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

×