kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,72   -3,94   -0.44%
  • EMAS1.368.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
SEHAT /

6 Dampak Si Emas Hijau alias Daun Sirih, Cek Informasinya


Senin, 01 Juli 2024 / 03:10 WIB
6 Dampak Si Emas Hijau alias Daun Sirih, Cek Informasinya
ILUSTRASI. Daun sirih memiliki segudang manfaat, mulai membantu mengelola diabetes hingga mengobati infeksi gigi.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

MANFAAT DAUN SIRIH - Daun sirih memiliki segudang manfaat, mulai membantu mengelola diabetes, mengobati infeksi gigi, hingga mengurangi efek kanker. Daun ini tersedia dalam lebih dari 100 varietas dan kerap diaplikasikan dalam pengobatan India dan China.

Melansir Stylecraze.com, daun sirih juga disebut sebagai 'Emas Hijau'. Daun ini adalah aset kuno pengobatan India (Ayurveda), dan penggunaannya di India sudah ada sejak 400 SM.

Piper betle atau daun sirih termasuk dalam famili Piperaceae (keluarga lada hitam). Ada sekitar 100 varietas sirih di dunia, sekitar 40 di antaranya ditemukan di India. Menurut pengobatan tradisional, daun sirih dapat membantu dalam pengobatan sakit kepala, gatal, mastitisi, luka, lecet, sembelit, dan luka.

Bagaimana Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan Anda?

Berlawanan dengan kepercayaan populer, daun sirih menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Daun ini memiliki efek positif pada kontrol glukosa darah, kesehatan gigi, penyembuhan luka, dan infeksi virus. Berikut penjelasannya:

Baca Juga: ​6 Manfaat Daun Ciplukan untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

1. Dapat Mengurangi Batuk dan Sesak

Menurut pengobatan tradisional, daun sirih dapat meredakan batuk. Daun ini direndam dalam minyak mustard, dihangatkan, dan dioleskan ke dada untuk meredakan rasa sesak di paru-paru.

Jus daun sirih dengan madu bisa diberikan pada anak untuk menghilangkan dahak dan batuk basah, berkat rasanya yang hangat dan pedas. Literatur menunjukkan bahwa tanaman ini juga dapat mengobati bronkitis. 

Baca Juga: 7 Bahan Alami Ini Bisa Membersihkan Paru-Paru Kotor, Ada Madu & Kunyit

2. Membantu Memerangi Kanker

Daun sirih mengandung karsinogeni dalam jumlah tinggi yang disebut safrole. Namun, ia dimetabolisme menjadi dihidroksikavikol dan eugenol. Kedua senyawa ini diekskresikan melalui urin.

Daun sirih memiliki sifat antioksidan, antimutagenik, dan antikanker. Fitokimia sirih bertanggung jawab atas sifat-sifat ini. Ini berarti sirih mungkin tidak menyebabkan kanker pada tingkat konsumsi yang tidak membuat ketagihan (kecuali jika Anda membuatnya dengan tembakau). 

Baca Juga: Peluncuran Pembalut Pertama di Unicharm Group Berbahan Bio Material Lebih dari 80%

3. Membantu Mengelola Diabetes

Daun sirih merah dapat menurunkan kadar glukosa darah. Daun ini mengandung molekul aktif yang disebut tanninsi yang memiliki sifat antidiabetes. Alkaloid sirih dapat menurunkan kadar glukosa darah dengan menghambat penyerapan glukosa di usus.

Daun ini juga mengandung berbagai polifenol yang memiliki potensi antioksidan yang sangat baik. Molekul-molekul ini melindungi sel-sel pankreas dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Bermanfaat bagi Kesehatan Gigi

Menghitamkan gigi adalah kegemaran di Asia Tenggara. Hal ini dilakukan dengan menggunakan ekstrak tumbuhan dan mineral. Prosedur ini dikatakan baik untuk gigi Anda. Dapat mencegah infeksi mulut dan prosedur gigi yang menyakitkan.

Baca Juga: 6 Bahan Alami yang Efektif Meredakan Diare, Salah Satunya Air Kelapa

Nah, sirih adalah salah satu tanaman yang terkait dengan menghitamkan gigi. Sirih sirih yang terbuat dari pinang, jeruk nipis, dan daun sirih memiliki sifat yang mirip.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Stres oksidatif yang tinggi, yaitu radikal bebas dalam tubuh Anda, dapat menunda penyembuhan luka. Penyembuhan luka yang tertunda adalah salah satu komplikasi kritis yang terlihat pada diabetes tipe 1. Ekstrak herbal daun sirih mungkin efektif dalam mengobati kasus sensitif tersebut.

Daun sirih mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan. Mereka meningkatkan aktivitas enzim pemulung radikal bebas di tubuh Anda, seperti superoksida dismutase dan katalase.

Efek Samping Daun Sirih

Saat Anda mengunyah daun sirih, daun ini melepaskan bahan kimia aktif tertentu seperti katekolamin. Jika Anda suka mengunyah sirih, bahan kimia ini berinteraksi dengan sekresi pinang dan jeruk nipis lainnya dapat menyebabkan efek samping yang serius.

Berikut adalah sejumlah efek samping dari daun sirih:

- Memiliki sifat psikoaktif
- Mempengaruhi sistem saraf pusat Anda
- Menyebabkan kanker mulut dan esofagus
- Mengganggu microbiome oral Anda (mikroba baik di mulut Anda)
- Dapat berdampak negatif pada kehamilan, persalinan, dan perkembangan janin
- Terkait dengan masalah kecanduan dan penarikan

Apalagi, batas asupan harian yang pasti untuk daun sirih belum ditetapkan secara ilmiah.

Karena efek berbahaya ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah secara terbuka menyatakan bahwa produk sirih merupakan ancaman kesehatan bagi yang mengkonsumsinya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

×