kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.419.000   -8.000   -0,56%
  • USD/IDR 16.195
  • IDX 7.294   -26,58   -0,36%
  • KOMPAS100 1.142   -7,10   -0,62%
  • LQ45 920   -3,25   -0,35%
  • ISSI 218   -1,41   -0,64%
  • IDX30 460   -1,72   -0,37%
  • IDXHIDIV20 554   -0,98   -0,18%
  • IDX80 128   -0,53   -0,41%
  • IDXV30 130   0,41   0,32%
  • IDXQ30 155   -0,33   -0,21%
SEHAT /

5 Makanan Rendah Oksalat yang Bermanfaat untuk Ginjal


Minggu, 16 Juni 2024 / 06:20 WIB
5 Makanan Rendah Oksalat yang Bermanfaat untuk Ginjal
ILUSTRASI. Sayuran berdaun hijau

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Temukan saran tentang jenis makanan rendah oksalat yang dapat mendukung kesehatan ginjal. Oksalat, juga dikenal sebagai asam oksalat, merupakan salah satu zat terkait dengan kesehatan ginjal dan kandung kemih.

Oksalat adalah senyawa kimia yang ditemukan secara alami dalam berbagai jenis makanan. Selain itu, tubuh manusia juga menghasilkan oksalat sebagai hasil sampingan dari metabolisme.

Meskipun oksalat adalah bagian normal dari diet manusia dan ditemukan dalam banyak makanan yang umum dikonsumsi, tingkat oksalat yang tinggi dalam tubuh dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Dampak kesehatan terkait dengan oksalat terutama berkaitan dengan kemampuannya untuk membentuk garam kristal yang dikenal sebagai oksalat.

Baca Juga: 11 Cara Mudah Membersihkan Ginjal Secara Alami

Hal ini bisa menjadi masalah jika garam-garam ini terbentuk dan mengendap di dalam ginjal atau saluran kemih, menyebabkan pembentukan batu oksalat.

Batu oksalat merupakan kondisi di mana garam kristal oksalat mengendap dan membentuk batu, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk batu ginjal yang menyakitkan, gangguan pada ginjal, dan iritasi pada saluran kemih.

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua orang bereaksi terhadap oksalat dengan cara yang sama, dan tubuh memiliki mekanisme alami untuk mengatur kadar oksalat.

Baca Juga: Ganggu Pencernaan, Ini 6 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipanaskan Kembali

Makanan rendah oksalat

Ilustrasi ginjal

Orang yang rentan terhadap batu ginjal atau memiliki masalah kesehatan tertentu perlu membatasi konsumsi makanan tinggi oksalat.

Makanan tinggi oksalat meliputi bayam, bit, bit hijau, ubi jalar, cokelat, kacang-kacangan, teh hitam, stroberi, dan masih banyak lagi. 

Sehingga, Anda perlu mengenal beberapa makanan rendah oksalat untuk menjaga kesehatan ginjal.

Simak beberapa makanan rendah oksalat yang bisa dikonsumsi penderita penyakit ginjal dan baik untuk pencegahan efeknya, dirangkum lewat Healthline.

Baca Juga: Bahaya Darah Tinggi Saat Hamil, Lakukan Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Alami

1. Buah-buahan

Anda dapat memilih buah-buahan rendah oksalat yang tersedia secara luas. Buah-buahan seperti apel, pisang, mangga, melon, dan pir memiliki kandungan oksalat yang lebih rendah jika dibandingkan dengan buah-buahan seperti stroberi atau blueberry.

2. Sayuran hijau

Selain itu, untuk menghindari tingginya kandungan oksalat dalam bayam, Anda dapat menggantinya dengan berbagai jenis sayuran lain. Beberapa contoh sayuran seperti brokoli, wortel, kubis, buncis hijau, selada, paprika, dan kentang (setelah dikupas) memiliki kandungan oksalat yang lebih rendah.

3. Produk susu

Selanjutnya, untuk produk susu rendah oksalat yang mendukung kesehatan ginjal, Anda dapat memilih produk susu rendah lemak.

Susu, krim rendah lemak, dan keju cottage rendah lemak adalah beberapa contoh produk susu yang umumnya memiliki kandungan oksalat yang rendah.

Susu rendah lemak

4. Biji-bijian dan kacang

Untuk opsi biji-bijian dan kacang, biji-bijian seperti beras, quinoa, dan havermut, serta kacang-kacangan seperti almond (tanpa kulit) dan biji bunga matahari (tanpa kulit) memiliki kandungan oksalat yang lebih rendah.

5. Lemak sehat dan minyak

Anda juga dapat menopang makanan rendah oksalat dengan mengonsumsi lemak sehat dan minyak. Pilihan seperti minyak zaitun, minyak biji rami, minyak kelapa, dan mentega (dalam jumlah yang sehat) adalah sumber lemak yang rendah oksalat.

Namun, tetap penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor lain dalam pemilihan makanan, termasuk asupan nutrisi yang seimbang dan kondisi kesehatan individu.

Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi yang sesuai terkait makanan rendah oksalat dan penyesuaian diet yang diperlukan.

Demikian sederet panduan daftar makanan rendah oksalat untuk kesehatan ginjal yang perlu dipahami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

×